Surabaya, (Antara Jatim) - Tiket promo yang diberlakukan kepada empat kereta api (KA) di PT KAI Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya kini tinggal 20 persen, dan hanya tersisa untuk keberangkatan tanggal 16 Februari 2017.
      
"Awalnya tiket promo kami tawarkan untuk tiga hari dari tanggal 14 hingga 16 Februari 2017, namun okupansi dua hari awal sudah penuh dan kini hanya tersisa untuk keberangkatan 16 Februari, itu pun hanya tersisa 20 persen," kata Kepala Humas PT KAI Daop 8, Gatut Sutiyatmoko, di Surabaya, Selasa.
     
Gatut yang ditemui saat memberikan bingkisan kepada penumpang dalam rangka promo "Hari Valentine" di Stasiun Gubeng mengaku akan secara terus menerus memberikan tarif promo KA secara berkala di bulan-bulan berikutnya.
      
Tujuannya, kata Gatut, untuk mendorong masyarakat lebih suka menggunakan transportasi KA saat berpergian jauh, dan meningkatkan okupansi beberapa KA yang tergolong masih rendah, seperti empat KA masing-masing KA Sancaka Malam, Gumarang, Mutiara Timur, dan Gumarang.  
     
"Tiket promo kami berlakukan untuk  empat KA itu, karena okupansinya rendah. Dan hari ini kami juga memberikan hadiah menarik dalam rangka 'Valentine' dengan kupon atau voucher potongan harga menginal di beberapa hotel," katanya.
     
Gatut mengatakan, Daop 8 Surabaya sebelumnya telah bekerja sama dengan beberapa hotel yang berada di Surabaya dan Bojonegoro untuk memberikan potongan harga kepada pelanggan setia KA.
      
Ia menyebutkan seperti Hotel Harris Pop dan Hotel Amaris Surabaya dengan potongan harga menginap sebesar 15 persen yang berlaku mulai tanggal 1 Desember 2016 hingga 31 Mei 2017, serta Hotel Aston Bojonegoro dengan potongan harga 20 persen yang berlaku mulai tanggal 23 Januari sampai 22 Juli 2017.
      
Selain itu, Hotel Fave Bojonegoro dengan potongan 20 persen yang berlaku mulai tanggal 23 Januari sampai dengan 22 Juli 2017, dan Hotel Amaris Surabaya Margorejo dengan potongan harga 40 persen yang berlaku mulai tanggal 6 Februari 2017 sampai 4 Agustus 2017.
     
"Pemberian potongan harga apabila penumpang KA dapat menunjukkan tiketnya sebagai bukti telah perjalanan dengan menggunakan KA, khususnya untuk kereta api komersial dari berbagai jurusan," katanya.
      
Sementara itu, Gatut mengatakan untuk pemesanan tiket promo bisa dilakukan dalam jaringan (daring), di stasiun, atau melalui penjualan saluran eksternal PT KAI dan pemesanan internet, di antaranya nomor telefon 121, KAI Acces, dan www.tiket.kereta-api.co.id.
     
"Tarif promo itu tidak bisa digabungkan dengan reduksi atau diskon lainnya. Selain itu, tiket promo bisa dibatalkan dan juga bisa dijadwal ulang maksimal satu jam sebelum keberangkatan, selama masih ada ketersediaan tiket," tuturnya.
     
Secara nasional tercatat sebanyak 23 perjalanan kereta api yang mendapat program promo dengan masing-masing satu rangkaian KA mendapatkan kuota 14 kursi.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017