Sidoarjo (Antara Jatim) - Forum lalu lintas dari beberapa elemen seperti Kepolisian, Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional VIII, Dinas Perhubungan Sidoarjo dan Jatim, Masyarakat Transportasi Indonesia, Organda dan PU Bina Marga melakukan survei kondisi jalan di Kabupaten Sidoarjo.

Kepala Polres Kota Sidoarjo Komisaris Besar Polisi Anwar Nasir, Jumat mengatakan, survei kondisi jalan ini untuk melihat sejauh mana kerusakan yang terjadi di sejumlah ruas jalan di Kabupaten Sidoarjo.

"Forum lalu lintas melakukan survei lapangan terkait kondisi jalan Nasional di sepanjang jalan Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Pasalnya, banyak jalan nasional yang rusak hingga menyebabkan kecelakaan lalu lintas," katanya.

Dia mengatakan, saat ini banyak sekali angka kecelakaan yang diakibatkan jalan berlubang, terutama yang berada di jalan-jalan nasional. 

"Bahkan dalam kecelakaan tersebut, pihak kepolisian seringkali menjadi sasaran kemarahan warga ada ada di sekitar lokasi kerusakan jalan," katanya.

Ia mengatakan, salah satunya adalah kerusakan jalan di perlintasan kereta api di Tanggulangin, Sidoarjo yang kondisinya memang cukup parah.

"Seringkali terjadi kecelakaan lalu lintas di lokasi ini karena kondisi jalannya yang mengalami kerusakan sehingga harus menjadi prioritas utama perbaikan jalan supaya tidak lagi memakan korban," katanya.

Menurutnya, ini sangat membahayakan pengguna jalan dan terutama balai besar yang punya kewenangan terkait jalan ini bisa memberikan solusi untuk kedepannya. 

"Sehingga mengurangi angka kecelakaan akibat jalan rusak," katanya.

Ia memperkirakan di lokasi tersebut ada sekitar 20-25 pengendara yang jatuh saat malam hari maupun pada saat turun hujan.

"Makanya, setiap hari kami tempatkan personil di kawasan tersebut. Setidaknya, pengendara bisa berhati-hati saat melintasi kawasan perlintasan kereta api yang membentang di jalan raya tersebut," pungkasnya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017