Pamekasan (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, memanfaatkan momentum kompetisi Piala Presiden yang akan digelar di wilayah itu untuk memperkenalkan potensi wisata dan kuliner kepada pemain asal luar Madura.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparibud) Pemkab Pamekasan Achmad Sjaifudin di Pamekasan, Senin menjelaskan, pihaknya telah mengirim surat meminta izin kepada operator pertandingan untuk mengajak pemain mengunjungi sejumlah tempat wisata.

"Di sela-sela waktu luang, mereka akan kami ajak ke sejumlah lokasi wisata dan kuliner yang ada di Pamekasan ini," kata Sjaifudin.

Selain untuk memperkenalkan potensi wisata dan kuliner yang ada di Pamekasan, kegiatan itu juga bagian dari jamuan Pemkab Pamekasan sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan kompetisi Piala Presiden 2017 ini.

Achmad menjelaskan, masing-masing peserta klub sepak bola grup E seperti Semen Padang, PSCS Cilacap, Perseru Serui, termasuk skuad Madura United akan diajak mengunjungi destinasi wisata yang sudah disiapkan Pemkab.

Ada tiga destinasi wisata di Pamekasan yang rencananya akan diperkenalkan kepada para pemain klub sepak bola yang akan berkompetisi di Pamekasan.

Masing-masing wisata belanja batik podek di Desa Rangperang Daja, Kecamatan Proppo, Wisata Bukit Brukoh di Desa Bajang, Kecamatan Pakong, dan wisata Pantai Jumiang di Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu.

"Kami berharap operator pertandingan Piala Presiden bisa mengabulkan permintaan kami," ujar Achmad.

Piala Presiden 2017 untuk grup E akan digelar di Stadion Gelora Ratu Pamelingan di Desa Ceguk, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan.

Kompetisi pra-musim ini akan berlangsung mulai tanggal 8 hingga 19 Februari 2017.

Upaya memperkenalkan potensi wisata dan kuliner kepada klub sepak bola yang akan berlaga di Pamekasan ini merupakan bagian dari program "Ayo Mampir Pamekasan" kerja sama antara Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dengan Pemkab Pamekasan.

Program yang akan diluncurkan pada akhir Februari 2017 ini, untuk memanfaatkan momentum Tahun Kunjungan Wisata 2018 oleh Kementerian Pariwisata di Kabupaten Sumenep.

"Dan melalui program 'Ayo Mampir Pamekasan' kami ingin mengajak agar wisatawan yang hendak berkunjung ke Sumenep, juga perlu mampir di Kabupaten Pamekasan," kata panitia pelaksana kegiatan itu dari PWI Pamekasan Marzuky. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017