Surabaya (Antara Jatim) - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi mewisuda 130 perwira dan bintara Sekolah Tinggi Angkatan Laut (STTAL) di Gedung Moelyadi Bumimoro Surabaya, Jawa Timur, Selasa.

Para wisudawan terdiri dari 36 perwira lulusan Magister Program Studi (Prodi) S2 Analisis Sistem dan Riset Operasi (ASRO) angkatan kedua dan ketiga. 

Selain itu 57 perwira lulusan Sarjana S1 Angkatan XXXV dan 37 Bintara yang menempuh program Diploma 3 Angkatan IX.

Tampil sebagai wisudawan terbaik adalah Mayor Laut (P) Adi Surono dari Prodi S2 ASRO Angkatan II dengan IPK 3,63, dan Letkol Laut (P) Dedy Sugiyanto dari Prodi S2 ASRO Angkatan III dengan IPK 3,51. 

Wisudawan terbaik lainnya adalah Kapten Laut (T) Juniarto dari Prodi S1 Teknik Mesin degan IPK 3,65, Lettu Lek Dewan Pujiantoro dari Prodi Teknik Elektro dengan IPK 3,57, dan Kapten Kal Haryudi Suharianto dari Prodi Teknik Manajemen Industri dengan IPK 3,56. 

Selain itu Kapten Laut (E) Irawan Prasetyo dari Prodi Hidrografi dengan IPK 3,51, Serma Mar Suratno dari Prodi DIII Teknik Mesin dengan IPK 3,53, Serka EKL Asfiyanto dari Prodi Teknik Elektronika dengan IPK 3,44, Serka PDK Nanang Kurniawan dari Prodi Teknik Informatika dengan IPK 3,77 dan Serma Nav Eko Setiawan dari Prodi Hidro Oseanografi dengan IPK 3,58.

Kasal Ade Supandi memastikan lulusan STTAL siap ditempatkan di satuan-satuan strategis yang membutuhkan pemikiran dan keahlian di bidang teknologi pertahanan.

"Sampai saat ini alumni STTAL berjumlah sebanyak 1.676 orang yang tersebar di satuan-satuan strategis TNI dan Polri," katnya. 

Bahkan, lanjut Ade, sudah banyak di antara mereka yang telah menduduki jabatan bintang satu sampai dengan bintang tiga, serta menjadi tokoh-tokoh IPTEK pertahanan yang disegani di kancah pembangunan nasional.

Usai acara wisuda, Kasal didampingi Pangarmatim Laksda TNI Darwanto beserta pejabat teras Mabesal meninjau stan pameran produk tugas akhir mahasiswa. 

Beberapa produk karya mahasiswa yang menarik perhatian adalah Sistem Keamanan Ruang Sandi Berbasis Pengenalan Citra Wajah, Prototipe Mini Submarine berbasis Mikrokontroler Atmega, Trainer Instalasi Listrik, Rancang Bangun Navigasi Terintegrasi, Alat Monitoring Suhu dan Kebakaran di Ruang Mesin, serta Sistem Informasi Staf Intelijen.(*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017