Situbondo (Antara Jatim) - Perum Perhutani bekerja sama dengan Kodim 0823/ Situbondo, Jawa Timur menggelar penghijauan  di bekas Asrama Yonif 514 dengan 2.000 bibit tanaman.

"Sesuai permintaan Dandim program penghijauan dapat terlaksana dengan menanam enam jenis pohon sebanyak sekitar 2.000 batang bibit pohon," kata Wakil Kepala Adminstratur Perum Perhutani Kawasan Pemangku Hutan (KPH) Bondowoso membawahi Situbondo, Mohammad Ajib di Situbondo, Jumat.

Ia mengatakan penanaman pohon yang dilaksanakan di bekas Asrama Yonif 514 Desa Kotakan, Kecamatan Kota yang saat ini menjadi tempat latihan tembak Kodim 0823 itu juga dikuti oleh ratusan prajurit TNI AD dari seluruh jajaran.

Dengan melakukan penanaman ribuan pohon penghijauan, kata dia, hal tersebut selain sebagai salah satu upaya mengurangi dampak pemanasan global juga sebagai gerakan penghijauan dalam rangka menambah komunitas tanaman yang dapat berkontribusi menambah oksigen.

"Kalau melihat luasannnya sekitar 10 hektare  dan tentunya dengan melakukan penanaman pohon penghijauan ini akan mewujudkan lingkungan yang sehat nantinya," ujarnya.

Ia berharap, setelah dilakukan penanaman pohon penghijauan agar bersama-sama menjaga keberlangsungan tanaman itu supaya lebih terjamin serta benar-benar memberikan manfaat.

"Kalau jenis-jenis bibit pohon yang ditanam hari ini diantaranya jenis bibit mangga, sengon, mahoni, jambu mente, srikaya dan bibit pohon glodokan yang biasa ditanam di pinggir jalan raya," ucapnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0823 Situbondo Letkol Inf Ashari menyampaikan terima kasih kepada pihak Perhutani yang telah mendukung  terselenggaranya kegiatan penghijauan.

"Kami sudah mengimbau kepada seluruh anggota agar terus mengawasi bibit pohon yang sudah ditanam. Dan tentunya manfaat penghijauan ini baru akan dirasakan beberapa tahun kemudian," katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017