Ngawi (Antara Jatim) - Jumlah wisatawan yang berkunjung di sejumlah objek wisata di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, selama liburan Natal 2016 dan tahun baru 2017 yang bersamaan dengan liburan sekolah diperkirakan mencapai 70.000 orang.

"Sudah pasti tingkat kunjungan naik 100 persen dibandingkan hari libur biasa. Diperkirakan bisa mencapai 70.000 orang," ujar Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kabupaten Ngawi Anwar Rifa'i kepada wartawan, Sabtu.

Menurut dia, objek wisata di Ngawi yang ramai dikunjungi wisatawan, di antaranya adalah Kebun Teh Jamus, Taman Rekreasi Tawun, dan Benteng Pendem Ngawi. 

"Trennya banyak wisatawan yang suka wisata alam, budaya atau sejarah seperti Kebun Teh Jamus dan Benteng Pendem," kata dia.

Peningkatan jumlah wisatawan tersebut diperkirakan dipengaruhi oleh kondisi pariwisata Ngawi yang lebih ekonomis. Pihaknya mengklaim dengan potensi wisata yang sama di daerah lain harga tiket masuk di Ngawi lebih terjangkau. 

"Selain itu, akses untuk menuju lokasi wisata juga gampang. Faktor lainnya adalah, pilihan fasilitas hiburan yang disediakan beragam. Seperti tempat pemandian kolam renang, lokasi untuk berfoto, fasilitas bermain, dan pemandangan yang disuguhkan juga indah," kata dia.

Pihaknya optimistis jumlah kunjungan tersebut masih akan terus meningkat hingga berakhirnya liburan sekolah pada minggu pertama bulan Januari 2017.

Guna memberikan rasa aman saat wisatawan berkunjung ke Kabupaten Ngawi, pihaknya telah melibatkan anggota Polres Ngawi untuk melakukan pengamanan.

Adapun, sejumlah tempat wisata andalan yang saat ini mulai intensif dikembangkan oleh Pemkab Ngawi di antaranya Kebun Teh Jamus, Benteng Pendem Ngawi, Taman Rekreasi Tawun, Waduk Pondok, Monumen Suryo, Museum Trinil, dan Air Terjun Srambang. (*)
      

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016