Surabaya (Antara Jatim) - Tujuh mahasiswa mata kuliah Event Organizer (EO) semester VII Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya menggelar pameran untuk memperkenalkan jurusan mata kuliah yang ada di DKV kepada mahasiswa baru.  

"Pameran yang bertajuk "Let’s Settle Down" ini digelar agar mahasiswa angkatan bawah kita tidak bingung dan salah memilih jurusan apa pada semester VI," kata Ketua Panitia Mayafiryal Sochmarisanda di Surabaya, Kamis.

Selain itu, lanjut Maya pameran yang diadakan hari Rabu-Kamis, 7-8 Desember 2016 ini sebagai wadah apresiasi hasil tugas mata kuliah pilihan para mahasiswa DKV UK Petra angkatan 2013.

“Tidak semua mata kuliah yang ada di DKV ikut dalam pameran ini, total ada enam mata kuliah yang bergabung yakni Packaging, Advertising, Film Production, Urban Art, Komik dan Digital Imaging.” ujar mahasiswa semester VII ini.

Maya menjelaskan, total ada 16 karya dari mata kuliah packaging, baik itu makanan maupun suatu produk tertentu. Selain itu, karya-karya tersebut bisa dibeli oleh para pengunjung yang mampir menyaksikan pameran ini.

"Sedangkan kelas mata kuliah Film Production akan menyajikan tiga film yang dapat langsung dinikmati oleh para pengunjung. Disediakan kursi, karpet dan bantal jika ingin menyaksikannya," katanya.

Sementara untuk mata kuliah Urban Art akan menyajikan delapan karya baik dalam bentuk poster, pajangan hingga Mock Up (stempel, gantungan kunci, baju, sarung bantal dan lain-lain).

"Urban Art ini juga mengulas mengenai penafsiran individu dalam merespon kehidupan kota dengan media apapun. Sebagai contoh karya Dira Chandra, ia mengambil isu kekinian yaitu Kim Jong-un (Pemimpin Korea Utara) yang diaplikasikan dengan gaya Pop Art," ujarnya.

Sementara mata Kuliah komik menyajikan tiga karyanya salah satunya bicara mengenai teroris, yaitu mengenai pertahanan keamanan negara menghadapi aksi aksi terorisme.

Dosen pengampu mata kuliah kelas EO UK Petra Mendy Hosana Malkisedek M Ds menjelaskan acara tersebut merupakan aplikasi tugas besar mata kuliah EO. Dalam praktiknya, ketujuh mahasiswa kelas EO ini diajak membuat mulai dari konsep acara, layout pameran hingga publikasi.

"Jadi mereka yang membantu teman-teman dari mata kuliah lainnya untuk mengatur pamerannya agar menarik para pengunjung khususnya para mahasiswa DKV angkatan 2014 hingga 2016 sehingga mendapatkan gambaran secara utuh tentang masing-masing mata kuliah pilihan agar tidak bingung saat memasuki penjurusan," ujarnya. (*)

Pewarta: willy irawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016