Kediri (Antara Jatim) - Sekitar 30 pelajar dari Madrasah Aliyah (MA) Sejahtera, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, melakukan kampanye atau aksi simpatik dengan membagi-bagikan bunga pada pengguna jalan, sebagai upaya menggugah pemahaman tentang bahaya HIV/AIDS.

"Aksi ini kami gelar untuk menggugah kepedulian siapapun mengenai bahaya AIDS," kata Ketua OSIS MA Sejahtera, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri Yuda Bagus Prasetya, di Kediri, Jawa Timur, Kamis.
    
Ia mengatakan, sengaja mengadakan kegiatan ini, sebagai bentuk memperingati Hari AIDS Intenasional, yang jatuh pada 1 Desember. Ia dengan rekan-rekannya membagi-bagikan bunga mawar berwarna merah dan putih pada pengguna jalan.
     
Aksi itu digelar di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Ia dengan rekan-rekannya berkumpul di perempatan Masjid Annur, depan Stadion Canda Bhirawa, Kecamatan Pare, Kediri.
     
Saat aksi itu, bersamaan dengan hujan gerimis, namun tidak menyurutkan semangat para pelajar tersebut. Mereka membagi-bagikan bunga itu pada setiap pengendara yang lewat di jalan tersebut.
     
Pihaknya menilai, saat ini kebanyakan orang masih beranggapan bahwa AIDS bisa menular melalui kontak sosial, seperti berpelukan maupun bersalaman. Padahal, anggapan itu adalah salah besar.
     
"Belum lagi adanya sanksi sosial berupa pengucilan orang yang terkena dengan HIV/AIDS (ODHA) dalam pergaulan sehari-hari. Itu juga yang menjadi alasan diadakannya sosialisasi tentang AIDS di sekolah kami," katanya.
     
Ia berharap, dengan kegiatan ini bisa membawa dampak positif. Masyarakat lebih memahami tentang penyakit yang belum ada obatnya tersebut, dan tidak mengucilkan lagi warga yang terkena. 
     
"Jadi jauhi penyakitnya, bukan orangnya. dengan tidak melakukan seks bebas dan menjauhi obat-obat terlarang," harapnya.
     
Aksi itu berjalan dengan tertib dan lancar. Walaupun dilakukan anak-anak, para pengguna jalan dengan senang dan memberikan apresiasi atas kegiatan tersebut. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016