Sumenep (Antara Jatim) - Manajemen PT PLN (Persero) Rayon Sumenep, Jawa Timur, akan mengganti meteran listrik milik warga setempat yang rusak akibat tersambar petir.

"Tim kami masih melakukan pendataan di lapangan. Kalau ada meteran listrik milik warga rusak akibat peristiwa alam seperti tersambar petir, memang langsung diganti oleh kami secara gratis," kata Manajer PLN Rayon Sumenep, Slamet di Sumenep, Senin.

Pada Senin pagi, wilayah Kecamatan Kota dan sekitarnya diguyur hujan deras dan beberapa kali terjadi sambaran petir.

Selain peralatan elektronika dan meteran listrik milik warga, fasilitas milik PLN Sumenep juga tersambar petir.

Dua kabel saluran udara tegangan menengah di salah satu tiang di Desa Torbang, Kecamatan Batuan, putus akibat tersambar petir dan mengakibatkan aliran listrik di kawasan tersebut hingga Kecamatan Ganding, padam.

"Kami bersama tim langsung turun ke lapangan untuk melakukan perbaikan. Saat ini, perbaikan masih berlangsung dan selama masa perbaikan tentunya aliran listrik padam," kata Slamet, menerangkan.

Ia juga mengemukakan, personel tim lainnya dari PLN Sumenep masih melakukan pendataan terhadap meteran listrik milik pelanggan yang rusak atau terbakar akibat tersambar petir.

"Kami juga berkoordinasi dengan Polsek Kota, karena sebagian warga melapor ke polisi atas terjadinya sambaran petir tersebut. Sekali lagi, kami akan ganti meteran listrik yang rusak itu secara gratis," ujarnya.

Sebelumnya, polisi menerima laporan adanya peralatan elektronik dan meteran listrik milik warga di dua kecamatan yang tersambar petir. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016