Surabaya (Antara Jatim) - Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto memimpin istighatsah (doa bersama memohon keselamatan) dalam rangka menyambut Hari Armada tahun 2016.

"Istighatsah di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya pada Kamis (24/11) malam itu diikuti Ketua Daerah Jalasenastri Armatim Ny. Ina Darwanto," kata Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman dalam keterangan kepada Antara di Surabaya, Jumat.

Dalam sambutannya, Pangarmatim menyampaikan bahwa Hari Armada RI ke-71 tahun 2016 bagi keluarga besar TNI Angkatan Laut menjadi renungan untuk menyadari kelemahan dan kekurangan sebagai Hamba Allah SWT.

"Tentunya, dengan berdoa dan mengharapkan pertolongan dari Tuhan Penguasa Alam Semesta, kita memohon kepada Allah SWT agar seluruh rangkaian acara peringatan HUT Armada RI tahun 2016 berjalan dengan lancar dan aman serta dijauhkan dari bencana dan mara bahaya," harap Pangarmatim.

Dalam kegiatan tersebut, Ny. Maman Sulaeman yang merupakan istri dari Kadispen Koarmatim juga berkesempatan membacakan ayat suci Al Quran Surat Al Isra : 78.

Selanjutnya, KH. Ma'ruf Khozin selaku motivator dari Emotional Spiritual Question (ESQ) mengisi ceramah dengan menyampaikan tentang keutamaan surat Yasin, yang menerangkan bahwa Allah SWT mempunyai kekuasaan penuh atas semua yang ada di dunia.

Oleh karena itu, penceramah sempat mengajak seluruh hadirin untuk bershalawat. "Shalawat memiliki keutamaan antara lain Allah akan membalas 10 kali lipat shalawat untuknya, artinya bahwa Allah akan melimpahkan 10 rahmatnya untuk membalas sholawat tersebut," katanya.

Dalam kesempatan itu, ia juga berpesan kepada jamaah untuk terus berdoa kepada Allah, dan selalu bersyukur kepada Allah atas nikmat yg telah diberikan.

Acara dihadiri Komandan Lantamal V Surabaya Laksma TNI Edi Sucipto beserta ibu, Wakil Ketua Daerah Jalasenastri Armatim Ny. I.N.G Ariawan, Irarmatim Kolonel Laut (P) Eko Gudhi Wahyono, Koorsahli Pangarmatim Kolonel Marinir Tory Subiyantoro, dan para Pejabat Utama Koarmatim.

Dalam kesempatan terpisah, Danlantamal V Surabaya Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto menyampaikan bahwa tidak ada anggota Lantamal V yang terlibat dengan narkoba (pemakai, apalagi pengedar).

"Saya tidak akan segan-segan untuk memproses secara tegas setiap anggota Lantamal V yang terbukti terlibat didalamnya," katanya dalam pembekalan kepada para Asisten Danlantamal V, Kasatker dan Kadis, para Komandan Lanal Jajaran Lantamal V serta segenap ibu-ibu pengurus Korcab V dan ketua Cabang Jalasenastri Korcab V Daerah Jalasenastri Armada Timur. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016