Jember (Antara Jatim) - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mendorong Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) untuk meningkatkan kualitas pendidikan karena peranan guru dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa sangat penting.

"PGRI merupakan organisasi yang dapat diandalkan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia khususnya untuk meningkatkan kualitas guru," kata Wagub Jatim yang akrab disapa Gus Ipul saat membuka peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-71, serta Hari Aksara Internasional tingkat Provinsi Jatim di Stadion Jember Sport Garden, Kabupaten Jember, Sabtu.

Ia mengatakan PGRI berperan penting dalam membantu pemerintah meningkatkan pembangunan pendidikan di Jawa Timur, sehingga PGRI juga menjadi kekuatan penting dalam menghadirkan pendidikan yang berkualitas.

"Tanpa Guru Aku Tidak Pernah Tahu. Ungkapan ini sangat dalam maknanya untuk menunjukkan betapa pentingnya posisi Guru, sehingga PGRI adalah satu kekuatan dalam meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar anak didik," tuturnya.

Menurutnya, PGRI telah terbukti mampu menjadikan dunia pendidikan di Indonesia terus berkembang sehingga pendidikan di Jatim menjadi pemenang dan pemerintah Pemprov Jatim percaya PGRI menjadi bagian penting dalam menghadirkan kualitas dan mutu pendidikan lebih baik dengan menghadirkan generasi pemenang.

"Keberadaan PGRI telah diapresiasi sebagai organisasi yang kuat, utuh, solid sekaligus memiliki komitmen dalam memperjuangkan kepentingan guru. Modal yang kuat dan solid inilah yang terus dikontribusikan secara nyata bagi bangsa dan negara," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Gus Ipul juga mengapresiasi kesolidan PGRI dalam menghimpun para guru. "PGRI selalu kompak dan memelihara gotong royong. Bahkan setiap tahun kumpul seperti ini dengan biaya sendiri. Ini adalah bagian dari bentuk cintanya pada profesi guru dan PGRI," ujarnya.

Ia mengatakan para guru sebenarnya ingin meningkatkan kualitasnya, sehingga sudah sepantasnya apapun keinginan guru harus dipermudah dan dibantu pemerintah seperti tunjangan guru misalnya, maka harus tepat dibayarkan dan jangan sampai ada keterlambatan karena tunjangan ini sangat diperlukan untuk kebutuhan serta peningkatan kualitas guru.

"Di tangan guru calon pemimpin masa depan, termasuk pedagang masa depan, nelayan masa depan, petani masa depan, pegawai masa depan dan juga politisi masa depan, bahkan presiden masa depan ada di tangan guru," katanya menambahkan.  

Sementara Wakil Bupati Jember A. Muqit Arief dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Kabupaten Jember mengucapkan selamat datang kepada ribuan guru dari kabupaten/kota se-Jatim sekaligus merayakan HUT PGRI Ke-71, dan Hari Aksara Internasioanl Ke-51. 

"Kami berharap dengan ulang tahun ini semoga kualitas pendidikan semakin meningkat karena bagaimana pun peran para guru sebagai pendidik akan menghasilkan anak didik yang berkualitas sebagai calon penerus generasi bangsa," tuturnya.                                       

Pantauan di lapangan, ratusan personel Polres Jember dikerahkan melaksanakan pengamanan terbuka maupun tertutup di simpang-simpang jalan maupun di antara ribuan guru di Stadion Jember Sport Garden.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016