Banyuwangi (Antara Jatim) -  Sebanyak 1.000 anak yatim akan ikut memeriahkan Festival Anak Yatim 2016 yang akan digelardi halaman Pendopo Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (19/11).
     
Bupati Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Jumat mengatakan Festival Anak Yatim merupakan ajang untuk mengangkat semangat sosial kemanusiaan serta kepedulian terhadap sesama.
     
Sebanyak 1000 anak yatim itu, katanya, akan diajak bersuka cita, menikmati berbagai keceriaan khas anak-anak yang sebagian besar diantara mereka mungkin jarang merasakannya.
     
"Lewat festival ini, kami ingin berbagi kasih dan keceriaan kepada anak-anak yatim. Meskipun apa yang kami lakukan ini hanyalah sederhana, namun kami berharap bisa membahagiakan mereka," kata Anas.
     
Festival Anak Yatim, lanjut Anas, juga digelar untuk memberikan motivasi kepada mereka untuk terus bersemangat dalam menggapai masa depan di tengah keterbatasan. Melalui festival ini diharapkan dapat menumbuhkan kepercayaan diri mereka untuk menggapai cita-citanya kelak.
     
"Kami ingin anak-anak yatim memiliki masa depan yang cerah, lewat ajang FAY kami ingin mereka mengetahui kalau masa depannya juga dijamin lewat pendidikan oleh pemerintah daerah," kata Anas.
     
Sejak tahun 2012 Pemkab Banyuwangi telah memberikan beasiswa bagi anak yatim berprestasi. Beasiswa itu ditujukan untuk mahasiswa berprestasi dari kalangan keluarga kurang mampu, untuk bisa bersekolah hingga perguruan tinggi.
     
Sementara Ketua Panitia FAY Haikal Kafili mengatakan ajang festival ini akan diikuti 1.000 anak yatim dari 24 kecamatan se-Banyuwangi. Mereka akan berkumpul bersama di Pendopo Sabha Swagata untuk bermain dan bersenang-senang.
     
"Anak-anak yang hadir ini tidak berasal dari yayasan, tetapi anak yatim yang dihimpun oleh masing-masing kecamatan," kata Haikal.
     
Di Festival ini, katanya, para anak yatim akan diajak bermain aneka permainan tradisional dan modern yang telah disiapkan oleh panitia, seperti bola dum, istana balon, monopoli, scooter matic, sampai nonton film bersama.  
     
"Anak anak bebas memilih aneka permainan yang mereka sukai," kata Haikal.
     
Selain diajak bermain, anak-anak yatim juga diajak untuk menikmati beragam kuliner yang telah disediakan, mulai es krim, bakso, batagor, mi ayam, pangsit, gado-gado, soto, es degan, es dawet dan es buah serta jajanan khas tradisional.
     
"Semua anak yatim juga akan mendapatkan santunan sebesar Rp300 ribu per anak dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banyuwangi," ujarnya.
     
Sebelum puncak gelaran FAY, anak-anak yatim ini juga telah mengikuti serangkaian kegiatan, seperti wisata edukasi ke Pemkab Banyuwangi, Bandara Blimbingsari, Sekolah Pilot dan mengunjungi perusahaan pembuatan kapal laut. Selain itu, mereka juga telah beradu kemampuan dalam bidang tartil Al-Quran tingkat SD/MI, lomba cipta dan baca puisi Using untuk siswa SMP sederajat, serta kegiatan gali potensi dan prestasi anak yatim tingkat SMA.(*)

Pewarta: Masuki M. Astro

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016