Sidoarjo, (Antara Jatim) - Puluhan siswa siswi sekolah menengah atas (SMA) Al-Muslim Sidoarjo, Jawa Timur melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) di Jalan Pahlawan Sidoarjo, sebagai bagian dari kegiatan peringatan Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November.

Humas sekolah Al-Muslim Azam Afian Dinata di Sidoarjo, Kamis, mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk merefleksikan nilai-nilai kepahlawanan dan mengenang jasa para pahlawan yang telah mendahului.

"Kami ingin mengajak kepada para siswa untuk merefleksikan nilai-nilai kepahlawanan yang sudah berjuang dan telah gugur mendahului kami," katanya.

Ia mengemukakan, kegiatan kunjungan ke makam pahalawan ini juga untuk meningkatkan semangat kepemudaan  dan menanamkan nilai-nilai kepahlawanan.

"Karena pada lima sampai dengan sepuluh tahun mendatang kaum mudalah yang akan meneruskan cerita kemajuan bangsa ini," katanya.

Maka dari itu, kata dia, sangat perlu untuk menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi muda yang salah satu caranya seperti ini.

"Kami ingin dengan adanya refleksi ini, para siswa menjadi semakin paham dengan nilai perjuangan para pahlawan dan nantinya bisa ditiru untuk masa depan para siswa dikemudian hari," katanya.

Selain itu, lanjut dia, momen hari pahlawan ini juga sebagai implementasi dari nilai-nilai kepemimpinan yang telah dipelajari di sekolah.

"Karena siswa-siswi tidak hanya sekedar berkunjung ke makam pahlawan saja namun mereka juga melakukan aksi peringatan kepahlawanan berupa berdoa bersama mendoakan seluruh para pahlawan, tabur bunga, orasi kepahlawanan," katanya.

Pada kegiatan ini juga diwarnai dengan pembagian stiker kepada pengguna jalan di sepanjang Jalan Pahlawan Sidoarjo sebagai bentuk sosialisasi hari pahlawan serta membentangkan beberapa poster tentang kepahlawanan.

"Adanya aksi ini diharapkan mampu untuk meningkatkan nilai-nilai nasionalisme terutama makna kepahlawanan yang didapat ditanamkan kepada seluruh siswa-siswi SMA Muslim agar menjadi Khalifatullah fiil arld yang rahmatan lil alamin," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016