Situbondo (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, meminta bantuan pada salah satu Direktorat Jenderal di Kementerian Keuangan RI untuk memfasilitasi mencarikan mitra atau investor guna pengembangan objek Wisata Pasir Putih Situbondo.

"Kami memproyeksikan objek Wisata Pasir Putih yang ada di Kecamatan Bungatan menjadi skala atau tujuan nasional dan minimal jadi wisata regional, karena lokasi wisata Pasir Putih berada di Jalur Pantura sangat strategis sehingga perlu pembaharuan," ujar Bupati Situbondo Dadang Wigiarto di Situbondo. Senin.

Ia mengatakan bahwa untuk mengembangkan objek wisata pantai yang memiliki ombak yang tenang dan pemandangan dalam laut yang indah tersebut, sangat perlu  bantuan salah satu Dirjen di Kementerian Keuangan untuk memfasilitasi menncarikan mitra yang bersedia bekerja sama dengan Pemkab setempat.

Untuk mengembangkan wisata Pasir Putih, kata dia, pemerintah daerah telah melakukan berbagai langkah dan salah satunya beberapa waktu lalu sudah menandatangani nota kesepahaman (MoU) Divisi Regional Perhutani Jawa Timur.

"Penandatanganan 'MoU' tersebut untuk mengembangkan objek wisata Pasir Putih di lahan milik Perhutani, dan objek wisata pantai nantinya akan berintegrasi dengan wisata alam," katanya.

Menurut Dadang, saat ini pemerintah kabupaten masih menunggu langkah Direktur Wisata Pasir Putih guna menindaklanjuti secara teknis bentuk kerja sama dengan Administratur Perhutani Kawasan Pemangku Hutan (KPH) Bondowoso yang juga membawahi Situbondo.

"Dulu kami pernah menggandeng mitra untuk pengembangan wisata pantai tersebut, akan tetapi gagal karena beberapa hal. Oleh karena itu kami meminta bantuan kepada salah satu Dirjen Kementerian Keuangan mencarikan mitra," ucapnya.

Ia mengaku, jika sebelumnya sudah pernah mendatangi Kementerian Keuangan, untuk menyampaikan perencanaan pengembangan objek wisata Pasir Putih dan secara teknis semuanya juga diserahkan pada Kementerian Keuangan.

"Mengembangkan objek wisata memang tidak mudah dan harus mendapat dukungan masyarakat Situbondo. Dan apabila pengembangan  objek wisata Pasir Putih dilakukan, kami optimistis wisata Pasir Putih akan menjadi salah wisata nasional," tuturnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016