Jember (Antara Jatim) - Sebanyak 13 kabupaten/kota absen atau tidak mengirimkan atletnya untuk cabang olahraga panahan dalam kegiatan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jawa Timur yang digelar di Kabupaten Jember pada 1-6 November 2016.

"Dari 38 kabupaten/kota tercatat sebanyak 25 daerah yang mengikuti cabang olahraga panahan di Popda Jatim, sehingga 13 daerah lainnya tidak ikut karena tidak memiliki atlet panahan di wilayah setempat," kata Ketua Panitia Pelaksana Panahan Popda Jatim Zainudin di Stadion Notohadinegoro Kabupaten Jember, Rabu.

Data panitia mencatat sebanyak 296 atlet panahan dari 25 kabupaten/kota yang ikut berkompetisi dalam Popda Jatim di antaranya Kota Surabaya, Kota Malang, Sidoarjo, Jember, Banyuwangi, Pasuruan, Kota Batu, dan Kota Kediri.

"Dalam pertandingan panahan dibagi tiga nomor pertandingan yakni recurve yang menggunakan jarak 70 meter, compound menggunakan jarak 50 meter, dan nasional menggunakan jarak 40 meter," tuturnya.

Menurut dia, pertandingan kualifikasi sesi pertama untuk recurve dan compound cukup bagus dan poin nilai yang didapatkan para atlet tidak berbeda jauh, sehingga hal tersebut menunjukkan pembinaan para atlet panahan di daerah hampir merata.

"Kalau dilihat nilainya cukup bagus dan kemampuan mereka merata, sehingga skill yang dimiliki para atlet Popda Jatim juga bagus karena mereka yang ikut sebagian adalah pemula," katanya.

Ia menjelaskan hasil kualifikasi sesi pertama dalam cabang olahraga panahan untuk compound tingkat SMP putri mencatat atlet bernama Eleazar Azaraya dari Kota Malang berhasil menyabet juara pertama dengan perolehan nilai 317, kemudian peringkat kedua diduduki Alya Nabila dari Kota Surabaya (307), dan ketiga diraih oleh Syalzaesha Ainun dari Kabupaten Banyuwangi (295).

"Sedangkan untuk compound putra tingkat SMP, juara pertama diraih Aflah Alwi Imas dari Sidoarjo dengan skor nilai 335, kemudian juara kedua diraih Agung Ramadhan dari Kabupaten Jember dengan nilai 330, dan juara ketiga diperoleh Iqbal Bagaswara dari Surabaya dengan nilai 329," ujarnya.

Untuk pertandingan recurve SMP putra tercatat juara pertama disabet Rafif Naufal dari Kota Blitar dengan nilai 295, kemudian peringkat kedua diraih Dimas Islami dari Surabaya (294) dan juara ketiga diraih Visitor Habibullah dari Kota Blitar (286).

Sedangkan untuk recurve putri tingkat SMP diraih oleh Ega Trisna dari Kabupaten Bojonegoro dengan nilai 263, kemudian peringkat kedua diraih Widi Nur dari Kota Malang (261), dan peringkat ketiga diperoleh Nadia Riski dri Kota Blitar (256).(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016