Blitar (Antara Jatim) - Kantor Imigrasi Kelas II Blitar menggelar aksi donor darah dan aneka kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) atau Hari Dharma Karyadhika ke-71 pada 30 Oktober 2016.
     
"Beberapa kegiatan bakti sosial sudah kami lakukan sejak awal Oktober dan puncaknya pada Minggu (30/10) besok," kata Koordinator peringatan Hari Dharma Karyadhika Kantor Imigrasi Kelas II Blitar Winarko di Blitar, Jumat.
     
Ia mengatakan, beberapa kegiatan yang sudah berlangsung antara lain berupa donor darah, pemberian santunan ke pondok pesantren, hingga memberikan pelayanan yang tak biasa kepada para pemohon paspor.
     
"Arti Dharma dalam peringatan Dharma Karyadhika di lingkungan Kemenkumham sendiri adalah melakukan suatu upaya untuk melayani masyarakat, melakukan penegakkan, perlindungan serta pengajuan HAM," katanya.
     
Sedangkan arti "karyadhika", kata Winarko, adakah tugas kelembagaan yang harus dilakukan aparatur negara dalam hal penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik secara bertanggung jawab dan profesional.
     
"Dalam bentuk transparan digabungkan dengan inovasi," ujarnya.
     
Winarko menambahkan, Kantor Imigrasi Blitar sengaja memilih berbagai kegiatan sosial seperti salah satunya donor darah yang diikuti oleh seluruh karyawan setempat sebagai wujud dari arti kata "dharma" tersebut.
     
"Kami sama-sama tahu bahwa kebutuhan darah dewasa ini cukup tinggi. terutama di wilayah Blitar. Kami berinisiatif untuk berbagi kepada sesama melalui kegiatan donor darah ini," kata Winarko yang juga Kasi Lalu Lintas dan Status Keimigrasian Kantor Imigrasi Blitar.
     
Tak hanya donor darah, Kantor Imigrasi Blitar juga menyalurkan bantuan berupa pakaian, alat-alat belajar, serta sembako ke salah satu pondok pesantren yang ada di Blitar.
     
"Bantuan tersebut kami serahkan dengan harapan agar para santri yang juga merupakan generasi penerus bangsa ini, dapat terus semangat dalam menimba ilmu, sehingga nantinya bisa mengisi dan melanjutkan perjuangan bangsa ke depannya," ujarnya. (*)

Pewarta: Irfan Anshori

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016