Surabaya, (Antara Jatim) - Bank Sampoerna menargetkan tambah 20.000 nasabah baru sampai dengan akhir tahun 2016 menyusul bertambahnya jumlah Alfamart dan Alfamidi serta banyaknya keunggulan yang ditawarkan Tabungan Sampoerna-AlfamartKu (Tasaku).

"Targetnya, dengan bertambahnya jumlah Alfamart dan Alfamidi yang menjadi rekanan, kami dapat menjaring sedikitnya 20.000 nasabah hingga akhir tahun 2016. Kami yakin masyarakat dapat menabung secara praktis dan bertransaksi dengan lebih mudah dengan program 'Tasaku' ini," ujar Ong Tek Tjan selaku Direktur UKM, Funding, FI dan Jaringan Kantor Bank Sampoerna pada peluncuran program Tasaku di Alfamart Dr. Moestopo Surabaya, Kamis.

Menurutnya, 'Tasaku' merupakan bukti nyata dukungan bank Sampoerna terhadap program layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif (Laku Pandai) yang dicanangkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Tahap awal Tasaku yang berjalan selama periode April hingga Desember 2015 telah berhasil menjaring sedikitnya 9.000 nasabah dan dilayani di 25 Alfamart dan 10 Alfamidi yang tersebar di Surabaya dan Sidoarjo," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Sampoerna Ali Rukmijah mengatakan, "Tasaku" merupakan produk tabungan yang sederhana, mudah dipahami, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang belum dapat menjangkau layanan keuangan.

"Selain itu, produk ini juga dapat melancarkan kegiatan ekonomi masyarakat sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan antarwilayah di Indonesia terutama antara desa dan kota," katanya.
 
Menurutnya, banyak anggota masyarakat yang belum mengenal, menggunakan atau belum terbiasa mendapatkan layanan perbankan dan layanan keuangan karena bertempat tinggal di lokasi yang jauh dari kantor bank atau adanya biaya atau persyaratan yang memberatkan. 

"Sangat tepat jika Bank Sampoerna menggandeng Alfamart dan Alfamidi lewat produk 'Tasaku' karena produk ini merupakan produk kerjasama terobosan," katanya.

Ia menjelaskan, "Tasaku" memiliki beberapa keunggulan dibanding produk tabungan lainnya seperti, setoran awal yang ringan, transaksi bisa dilakukan di seluruh Alfamart dan Alfamidi yang terpasang stiker logo SAKU, 

"Selain itu, transaksi dapat dilakukan sesuai dengan jam operasional Alfamart dan Alfamidi yang telibat, menabung tanpa biaya administrasi, dan uang tabungan bisa diambilkan dari kembalian belanja," katanya.

Saat ini, kata dia, "Tasaku" sudah tersedia di 200 gerai yang berlokasi di 10 Alfamidi dan 190 Alfamart yang tersebar di Kota Surabaya dan Sidoarjo.

"Penambahan toko dengan jumlah yang cukup banyak ini dilakukan karena melihat antusiasme terhadap 'Tasaku' pada pilot project sebelumnya," katanya.

Sementara itu Hans Harischandra Tanuraharjo selaku Business Development Director Alfamart mengatakan, kerja sama ini merupakan sinergi bisnis yang strategis. 

"Kami berharap kerja sama ini mampu memberikan manfaat positif bagi masyarakat. Jadi, saat ini konsumen punya pilihan apakah uang kembalian belanjanya mau dikembalikan, didonasikan, atau ditabung,” ujarnya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016