Situbondo (Antara Jatim) - Ribuan Santri dan warga di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Jumat malam menggelar pembacaan shalawat Nariyah dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Santri Nasional 2016.

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto mengatakan, untuk menyambut Hari Santri Nasional 2016, di Kota Santri itu menggelar kegiatan dengan membaca shalawat Nariyah sebanyak 1 miliar yang dipimpin oleh Pengasuh Pondok Pesantren Walisongo Situbondo, KHR Kholil As'ad.

"Untuk pembacaan shalawat Nariyah sebanyak 1 miliar di Alun-alun Situbondo ini, dilakukan ribuan Santri serta warga yang hadir dalam acara memperingati Hari Santri Nasional tahun ini," katanya.

Menurut Dadang, peringatan Hari Santri Nasional 2016 sebagai momentum untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), karena Santri juga berperan dalam perjuangan meraih kemerdekaan Indonesia.

Ia menjelaskan bahwa yang menjadi tuntutan mayoritas para tokoh agama yang ada di Kabupaten Situbondo itu, dapat menjadikan hari Santri sebagai momentum guna memperkuat peran Santri mempertahankan NKRI.

"Selain pembacaan shalwat Nariyah sebanyak 1 miliar pada malam ini, besok ribuan santri juga akan menggelar upacara bendera Hari Santri Nasional 2016," tuturnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016