Ayam bakar bumbu kecap, itu sudah biasa. Ayam bakar bumbu rica-rica, itu sudah biasa. Tapi, jika ayam bakar bumbu aroma kopi? Itu baru luar biasa.
 
Bagaimana rasanya jika ayam bakar dilumuri kopi sebagai bumbunya? Hmmm... Nikmat.

Juru masak Hasan Solomon membuktikannya. Ia bereksperimen dengan kopi pada masakan, dan hasilnya diberi nama "Grilled Chicken Aromatic Coffee Sauce" atau ayam bakar beraroma saus kopi.

Ya, juru masak senior itu melumuri semua bumbu pada ayam bakarnya dengan bubuk kopi. Meski sebenarnya, bumbu aslinya adalah sama seperti rempah-rempah yang biasa digunakan untuk membuat ayam bakar pada umumnya.

Sebutlah untuk membuat satu porsi ayam bakar dibutuhkan daging ayam sedikitnya 300 gram, rempah-rempahnya bawang putih 20 gram, saus 15 gram, saus tomat 25 gram, cabe kecil 15 gram, madu 10 gram, gula merah 10 gram, garam 3 gram, serta gula pasir 3 gram.

Ia menambahkan satu rempah-rempah lagi pada bumbu ayam bakar, yaitu kopi. Bukan sebuah masalah apakah kopinya robusta atau arabika, karena tergantung selera.

Cara membuatnya, pertama daging ayam dibersihkan, kemudian lumuri dengan merica, irisan bawang putih dan bubuk kopi.

Kemudian campurkan semua bumbu dan tambahkan dua sendok teh larutan kopi, masukkan ayam ke dalam bumbu dan diamkan selama 15 menit, bakar ayam sambil dilumuri bumbu rendaman hingga matang.

Sisa rendaman bumbu dipanaskan dan tambahkan garam dan merica secukupnya. Setelah mengental, tuangkan di atas ayam bakar yang sudah matang, dan "Grilled Chicken Aromatic Coffee Sauce" pun siap disajikan.

"Jangan lupa tambahkan hiasan sesuai selera," ujarnya.

Menurut dia, makanan ini tak hanya sekadar sebagai aroma penikmat saja, melainkan juga ada fungsi kesehatannya untuk dikonsumsi.

Ini, kata dia, karena kopi yang dilumurkan pada daging ayam diyakini bisa menetralisasi kolesterol yang menempel pada daging ayam yang akan dimasak itu.

Salah seorang penikmat ayam bakar aroma kopi, Risma Dwi Santoso, mengaku kuliner yang baru disantapnya sebagai menu baru yang layak direkomendasikan kepada siapa saja.

"Aroma kopinya ada, tapi melebur dengan bembu sehingga tidak terasa pahit," ucapnya.

Begitu juga apa yang disampaikan Samantha Dewi, yang mengatakan bahwa aroma kopi tak sampai menyebabkan selera makan menghilang.

Penasaran? Silakan datang ke restoran di Hotel Singgasana Surabaya. Di sana, ayam bakar aroma kopi menjadi menu baru, sekaligus andalan bagi penikmat kuliner. Selamat bersantap...!!


Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016