Sidoarjo (Antara Jatim) - Sebanyak 55 perusahaan menyediakan sekitar 12 ribu lowongan pekerjaan dalam kegiatan bursa kerja terbuka (BKT) yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, di Lapangan Tennis Indoor GOR Sidoarjo, Kamis.

Bupati Sidoarjo Saiful ilah mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk memfasilitasi perusahaan dengan para pencari kerja yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

"Pemerintah Kabupaten Sidoarjo kembali menggelar Bursa Kerja Terbuka (BKT) di tahun 2016 ini. Setelah bulan Mei kemarin digelar kegiatan yang sama," katanya, Kamis.

Ia mengemukakan, kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan pelayanan kepada para pencari kerja dimana semua orang yang ingin mendapatkan pekerjaan dapat mengikutinya. 

"Setiap orang memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk memperoleh pekerjaan. Termasuk orang berkebutuhan khusus atau difabel," katanya

Menurutnya, perlakuan yang sama tanpa diskriminasi diharapkan dapat dilakukan oleh perusahaan dalam mencari pekerja. Dengan demikian, pelayanan penempatan tenaga kerja  yang menjadi tanggung jawab bersama dapat juga dilakukan oleh perusahaan.

Ia mengatakan saat ini pekerja dihadapkan pada era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Kedatangan tenaga asing dari luar tidak lagi dapat dibendung. Oleh karena itu, lulusan sekolah maupun perguruan tinggi dituntut memiliki standart kompetensi yang mumpuni.

"Bekal Pengetahuan, ketrampilan, sikap kerja dan pendidikan formal dan non formal harus dimiliki dalam dunia usaha. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah penguasaan bahasa asing yang harus dimiliki. Mau tidak mau, siap tidak siap, MEA pasti hadir ditengah-tengah kita, maka lulusan sekolah maupun perguruan tinggi dituntut harus memiliki standart kompetensi yang mumpuni," katanya.

Sementara itu, Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra Setda Sidoarjo Asrofi, mengatakan bahwa Kabupaten Sidoarjo adalah daerah urban dengan banyak pendatang ke Sidoarjo dengan tujuan  mencari pekerjaan. 

"Hal itu dikarenakan di Kabupaten Sidoarjo terdapat banyak perusahaan. Usaha industri, perdagangan maupun jasa berskala besar, kecil maupun UMKM ada di Sidoarjo. Melihat hal itu, Pemerintah perlu memberikan informasi kerja yang dilakukan melalui bursa kerja terbuka seperti ini," katanya.
 
Menurutnya, dengan Bursa Kerja Terbuka seperti ini para pekerja yang telah memiliki kartu pencari kerja berkesempatan mendapatkan pekerjaan. Selain itu, melalui kegiatan seperti ini akan membantu pemberi kerja atau perusahaan dalam memberikan informasi kerja. 

"Dengan demikian informasi pasar kerja Antar Kerja Lokal (AKL), Antar Kerja Antar Darah (AKAD) dan Antar Kerja Antar Negara (AKAN) dapat tersampaikan," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016