Surabaya (Antara Jatim) – Dua mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) Jurusan Desain Fashion dan Produk Lifestyle Fakultas Industri Kreatif menghias bra (BH) dalam rangka memperingati bulan kanker payudara.

"Menghias bra ini dimaksudkan untuk menunjukkan dukungan moral dan solidaritas terhadap wanita penderita kanker payudara. Bulan Oktober merupakan bulan peduli kanker payudara internasional (breast cancer awareness) yang diperingati di seluruh dunia," kata Daniel Agung Santoso, salah seorang mahasiswa, di Surabaya, Kamis.

Ditemui di Seminar Room Gedung International lantai 2 Kampus Universitas Surabaya, Daniel mengaku memilih konsep Sexy Rouge, karena wanita identik dengan keseksian, tidak terkecuali para wanita penyandang kanker payudara.  

Mahasiswa semester III ini memadukan bahan-bahan seperti lace, prada dan mutiara untuk mendapatkan kesan elegan dan cantik. Warna merah dipilihnya karena melambangkan keberanian dan keseksian.

Daniel mengatakan, dirinya menghabiskan waktu kurang lebih dua hari dalam proses pembuatan karya tersebut. Melalui konsep ini, dia berharap agar para penyintas kanker payudara tidak malu dan tetap percaya diri.

"Wanita identik dengan keseksian, sekalipun survivor kanker payudara yang payudaranya harus diangkat diharapkan tetap bisa menonjolkan keseksian itu," ungkap Daniel yang meraih juara 4 dalam Brativity Competition.  

Sementara itu, Stephanie Clarine Suryadi memilih konsep Fall Winter yang terinspirasi pergantian ke musim dingin di negara-negara yang memiliki empat musim. Konsep ini memadukan bahan-bahan seperti lace, mutiara dan bulu sintetik.

“Saya berharap agar para penderita kanker payudara bisa selalu memiliki harapan untuk sembuh dan bisa terus berjuang melawan kanker,” ungkap mahasiswa semester 5 ini.

Dia menambahkan, warna putih dipilih karena sesuai dengan konsep yaitu salju, selain itu putih juga melambangkan kesucian dan Harapan. Dalam menghias bra ini, dia menjahit dengan tangan dan menghabiskan waktu sehari untuk menyelesaikannya.

Kreasi dua mahasiswa FIK Ubaya merupakan hasil dari mata kuliah fabric material yang diasuh oleh Ninik Juniati, S.Pd M.Pd.

Sebelumnya kedua mahasiswa ini berpartisipasi dalam kegiatan Brativity Competition  yang diadakan oleh Tunjungan Plaza dalam rangka bulan peduli kanker payudara. Keduanya berhasil meraih juara 2 dan 4 dalam perlombaan ini. (*)

Pewarta: willy irawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016