Sidoarjo, (Antara Jatim) - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mendorong adanya integrasi data di Kepolisian Resor Sidoarjo dengan data lainnya, seperti perbankan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Diah Natalisa di Sidoarjo, Kamis mengatakan dengan adanya integrasi data base ini akan memudahkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, seperti saat pembuatan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).

"Selain itu, adanya penggunaan sidik jari secara elektronik juga mampu mempercepat pembuatan SKCK tersebut, karena pemohon tidak perlu lagi tangannya terkena tinta," katanya saat meninjau langsung pelayanan pembuatan SKCK di Polres Sidoarjo.

Ia mengemukakan, sejak diresmikan beberapa bulan yang lalu pelaksanaan pembuatan SKCK secara dalam jaringan yang dilakukan oleh Polres Sidoarjo ini bisa dibilang cukup bagus.

"Karena pemohon tidak perlu berlama-lama untuk menunggu pembuatan SKCK tersebut selesai dibuat, mengingat waktu pembuatannya hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja," katanya.

Tentunya, kata dia, peningkatan pelayanan ini harus dibarengi dengan adanya komitmen dari masing-masing pimpinan supaya pelayanan yang diberikan kepada warga masyarakat ini menjadi lebih baik.

"Kami juga mendorong kepada instansi kepolisian yang lain supaya melaksanakan program pelayanan seperti ini di wilayahnya masing-masing untuk memudahkan pelayanan," katanya.

Sementara itu, Kepala Polres Sidoarjo Ajun Komisaris Besar Polisi Muh Anwar Nasir mengatakan peningkatan pelayanan kepada warga masyarakat ini harus terus ditingkatkan menyusul saat ini tipologi Polres Sidoarjo sudah meningkat menjadi Polresta Sidoarjo.

"Pelayanan harus ditingkatkan, jangan sampai saat naik menjadi Polresta Sidoarjo penanganan yang dilakukan juga masih sama dan biasa-biasa saja. Ini yang menjadi tanggungjawab kami dengan banyaknya personil, ujung-ujungnya bermuara pada peningkatan pelayanan," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016