Surabaya (Antara Jatim) - Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI I Made Sukadana berharap TNI dan insan pers tak berhenti bersinergi untuk membangun bangsa sekaligus menciptakan suasana kondusif, khususnya di Jawa Timur.

"Peran pers sangat besar membantu menciptakan lingkungan yang kondusif sehingga TNI dan pers harus terus beriringan," ujarnya di sela silaturahim bertajuk cangkrukan di kediaman Pangdam V/Brawijaya di Surabaya, Jumat malam.

Menurut dia, media massa merupakan cerminan berbagai peristiwa di Indonesia, bahkan dunia, serta berfungsi sebagai kontrol sosial sehingga kehadirannya sangat dibutuhkan masyarakat.

Jenderal bintang dua itu berharap insan pers di Jatim selalu memberikan informasi akurat dan bersama-sama TNI menciptakan suasana positif sehingga Jatim selalu terjaga keamanan serta kenyamanannya.

Sementara itu, Ketua PWI Jatim Akhmad Munir menyampaikan apresiasi kepada Pangdam V/Brawijaya yang memberi kesempatan untuk bertatap muka, bersilaturahim dan berkomunikasi dengan pers di Jatim.

"Ini adalah pertemuan pertama insan pers Jatim dengan Pangdam karena memang baru menjabat. Kami harap silaturahim tetap terjaga dan mari bersama-sama bertekad mempertahankan suasana Jatim yang kondusif," ucapnya.

Kepala LKBN Antara Biro Jatim tersebut juga menyampaikan kesamaan nafas antara pers dan TNI, terutama dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Nafasnya tidak berbeda dan bersama-sama demi kepentingan masyarakat. Hanya yang membedakan adalah TNI bekerja dengan senjata dan kekuasaan teritorialnya, sedangkan pers bekerja dengan tulisan, foto, video, karikator hingga info grafis," katanya.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir perwira-perwira di lingkungan Kodam V/Brawijaya, seperti  Asisten Operasi (Asops) Kepala Staf Kodam V/Brawijaya Kolonel Inf Washington S, Kepala Penerangan Kodam V/Brawijaya Letkol Arh Sinthu Bas Ignatius, dan beberapa perwira lainnya.

Sedangkan mewakili insan pers turut hadir mayoritas pimpinan media massa, baik lokal maupun nasional di Jawa Timur, termasuk Ketua AJI Surabaya Prasto Wardoyo. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016