Surabaya (Antara Jatim) - Tim Jihandak Polda Jatim menemukan benda berupa Mortir yang diduga masih aktif dari sisa Perang Dunia II di Jalan Manyar Kartika VIII, Surabaya, Jawa Timur, Kamis.

"Mortir itu diduga merupakan sisa perang dunia kedua, karena Tim Jihandak Polda Jatim menyatakan mortir itu dari pabrikan Belanda," kata Kanit Reskrim Polsek Sukolilo AKP Simon di lokasi kejadian.

Ia menjelaskan temuan itu berawal dari laporan dari satpam Perumahan Manyar Kartika itu ke Polsek Sukolilo jika di tempatnya ditemukan benda seperti bom pada Kamis (29/9) sekitar pukul 11.30 WIB.

Setelah mendapat laporan tersebut, petugas polsek datang ke tempat kejadian dan memastikan jika benar bahwa benda tersebut jenis Mortir.

"Setelah memastikan dugaan tersebut, polsek berkoordinasi dengan Jihandak Polda Jatim untuk mengamankan bom tersebut demi keamanan masyarakat dan lingkungan, karena diduga masih aktif," katanya.

Menurut satpam setempat, Siswanto, ada seorang warga yang melapor kepada pihaknya jika ada benda yang dicurigai sebagai bom. Setelah memastikan, pihaknya kemudian melapor ke Polsek Sukolilo.

"Ada warga yang melapor sekitar pukul 11.00 WIB saat saya sedang jaga di depan, kalau katanya disini ada mortir, lalu saya datang dan memastikan. Ternyata benar, saya langsung lapor ke Polsek. Karena menurut warga bomnya masih aktif," katanya.

Ia menambahkan dari keterangan dari warga menyebut bahwa sebelumnya ada orang berkendara sepeda motor lewat daerah itu dan melemparkan mortir tersebut ke arah tempat tersebut.

"Orangnya pakai motor, tapi tidak diketahui siapa orang itu," katanya. (*)

Pewarta: Cindiana Aulia Saputri

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016