Bondowoso (Antara Jatim) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Jawa Timur, terus melakukan pendistribusian air bersih ke sejumlah desa yang dilanda kekeringan dan mengalami krisis air bersih, termasuk ke lokasi kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD).

"Permintaan air bersih sekarang bertambah satu desa, yakni Desa Solor, Kecamatan Cerme. Dan di desa tersebut kebetulan sejak 19 Sepetember juga ada kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), yakni melakukan pelebaran dan pengerasan jalan dan lainnya di desa terpencil itu," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan (Kabid PK) BPBD Bondowoso Saefudin Suhri di Bondowoso, Sabtu.

Menurut dia, pendistribusian air bersih ke Desa Solor selain ada surat permintaan bantuan air dari masyarakat setempat juga atas permintaan dari Komando Distrik Militer 0822 Bondowoso untuk kebutuhan minum dan memasak pada kegiatan TMMD yang melibatkan ratusan personel TNI dan masyarakat.

Penditribusian air bersih ke Desa Solor, katanya, sejak pelaksanaan kegiatan TMMD itu petugas menyuplai air sebanyak dua truk tanki atau 10 ribu liter air per hari (per truk tangki 5.000 liter air).

"Selain mendistribusikan air bersih untuk kebutuhan minum dan memasak untuk warga serta kegiatan TMMD, petugas kami juga menyuplai dua truk tanki air untuk kebutuhan pembangunan proyek pengerasan dan pelebaran jalan serta pembangunan plengsengan," katanya.

Ia mengemukakan bahwa pengiriman air bersih dan pengiriman air kebutuhan kegiatan proyek TMMD akan dilakukan hingga 20 Oktober 2016 atau selama satu bulan kedepan.

"Empat desa yang sebelumnya juga telah mengajukan permohonan bantuan air bersih dan sudah didistribusikan oleh petugas kami, diantaranya Desa Tanggulangin, Kecamatan Tegal Ampel dan Dusun Murina, Desa Cangkring, Kecamatan Prajekan, Dusun Candu, Kates, Cocong dan Ketoan, Desa Kladi, Kecamatan Cerme, Dusun Pasman Barat, Desa Taman dan Grujugan, dan sekarang bertambah Desa Solor," ucapnya.

Sementara itu, Komandan Kodim/0822 Bondowoso Letkol Arh Sudrajat melalui Pasi Intel Kapten Infanteri Wawan Achyani mengatakan, permintaan bantuan pendistribusian air bersih ke Desa Solor memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di musim kemarau ini.

"Memang masyarakat di desa tersebut membutuhkan air bersih saat ini, selian itu juga dalam kegiatan TMMD yang ke-97 yang melibatkan ratusan personel TNI dan masyarakat air minum sangat dibutuhkan dan khusus kegiatan TMMD kami mengajukan pengiriman air ke lokasi kegiatan selama satu bulan," ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan TMMD di Desa Solor, selain pelebaran dan pengerasan jalan juga dilaksanakan kegiatan pembangunan plengsengan dan MCK yang memang menjadi kebutuhan masyarakat desa setempat setiap hari. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016