Bandung, (Antara) - Jawa Timur kembali menambah pundi-pundi emasnya di gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/Jawa Barat melalui atlet loncat indahnya Della Dinarsari Harimurti yang dalam final nomor menara putri berhasil menjadi yang terbaik.

Dalam laga final yang diselenggarakan di Kolam Renang FPOK UPI, Bandung, Jumat, Della berhasil mengungguli enam pesaingnya dan menjadi yang terbaik di nomor tersebut, setelah berhasil meraih nilai tertinggi dengan 263,45 poin.

Della yang ditemui selepas pengalungan medali mengungkapkan dirinya tidak menyangka bisa mencuri lagi emas yang dipertandingkan di nomor ini, karena menurutnya semua pesaing memiliki kualitas yang baik.

"Ini alhamdulillah saya dapat karena sebenarnya tidak ditargetkan di nomor ini, pasalnya semua pesaing juga baik," ucap Della.

Della mengungkapkan dirinya juga sempat merasa tegang dalam pertandingan itu sehingga sempat melakukan lompatan di menara lima meter, di mana pesaingnya banyak yang melakukan lompatan di jarak 10 meter.

"Tadi saya merasa belum siap untuk loncat di 10 meter, karenanya saya loncat di lima meter dulu," kata dara yang juga menargetkan emas di nomor sinkronisasi papan 10 meter bersama atlet Jawa Timur lainnya Linar Betiliana itu.

Dalam pertandingan final itu, Jawa Timur yang diwakili Della Dinarsari Harimurti, sempat tertinggal di lompatan pertama oleh atlet loncat indah dari DKI Jakarta Ramadhani Dwi P yang berhasil meraih 54,60 poin di mana Della hanya mampu meraih 49,50 poin.

Di lompatan kedua Della mampu memperbaiki poin lompatannya menjadi 54,60, namun raihan tersebut masih di bawah poin yang didapat atlet loncat indah Jawa Tengah Dewi Setyaningsih yang mampu meraih 57,40 poin.

Tuan rumah Jawa Barat yang diwakili Herlyani Dias Sukmahati juga mampu menyalip ketiga atlet di atas dengan memimpin raihan poin di lompatan ketiga dengan 54.00 poin. Pun dengan lompatan keempat Herlyani masih leading dari enam peasingnya dengan 61,60 poin.

Akan tetapi tren positif Herlyani di lompatan ketiga dan keempat mampu dilampaui lagi oleh Della dengan mencapai poin tertinggi pada percobaan itu dengan meraih 68,80 poin meninggalkan atlet Jawa Barat yang mampu meraih 54,60 poin.

Dari lima kali percobaan lompatan, Della keluar sebagai peraih poin tertinggi dengan raihan 263,45 yang disusul oleh atlet tuan rumah dengan 248,60 poin dan di tempat ketiga peraih poin tertinggi ada atlet loncat indah Jawa Tengah Dewi Setyaningsih dengan 221,90 poin.

Di urutan selanjutnya ada atlet loncat indah Jawa Timur lainnya yakni Linar Betiliana dengan raihan 213,85 poin, disusul atlet DKI Jakarta Ramadhani Dwi di peringkat lima peraih 203,10 poin.

Di tempat keenam ada atlet loncat indah Sumatera Selatan yang berhasil mengumpulkan poin 188,15 yang disusul rekan satu kontingennya Maryani di peringkat tujuh dengan poin 182,05.(*)

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016