Banyuwangi (Antara Jatim) - Kampung Wisata Temenggungan atau yang biasa disebut "Kawitan" di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur,  menggelar Pentas Banyuwangi Jazz Patrol bareng musisi jazz dunia asal Spanyol Rodrigo Parejo di jalanan Kampung Wisata Temenggungan Banyuwangi, pada Jumat malam.

"Pentas Banyuwangi Jazz Patrol 'featuring' Rodrigo Parejo juga menyambut kunjungan puluhan tamu wisata seni budaya dari Universitas Trisakti Jakarta," kata juru bicara Kawitan Bachtiar di Banyuwangi.

Menurutnya musisi jazz asal Spanyol itu mengamati keunikan musik yang dibawakan Banyuwangi Jazz Patrol melalui media sosial, sehingga tertarik untuk berkolaborasi dengan musisi di Kawitan mampu mengawinkan musik patrol dengan aransemen musik jazz.

"Pemain flute jazz yang kini tinggal di Belanda it tertarik melakukan pentas kolaborasi bersama Banyuwangi Jazz Patrol, sehingga musisi jazz Banyuwangi akan menampilkan pementasan yang terbaik," tuturnya.

Ia mengatakan Banyuwangi Jazz Patrol terus melakukan eksplorasi pada lagu-lagunya, selain tema utama tetap mengkonservasi lagu-lagu Banyuwangi lama, grup jazz Kawitan tersebut menciptakan beberapa lagu karya mereka sendiri.

"Musisi Banyuwangi Jazz Patrol juga melakukan aransemen lagu non-Banyuwangi ke dalam warna pentatonik Banyuwangi dan irama jazz patrol," katanya.

Bachtiar mengatakan para musisi Kawitan tersebut menamai kelompok musiknya sebagai Banyuwangi Jazz Patrol yang memainkan lagu-lagu kuno dalam musik patrol Banyuwangi-an, bahkan uniknya interaksi antara penonton dengan para musisi selalu cair setiap kali mereka melakukan pementasan.

"Banyuwangi Jazz Patrol bertujuan untuk melestarikan lagu-lagu kuno Banyuwangi dengan nada-nada pentatonis yang diaransemen dengan musik jazz karena selama ini lagu-lagu lama banyak dilupakan oleh masyarakat karena banyak lagu-lagu baru," katanya.

Para musisi Banyuwangi Jazz Patrol di Kawitan, lanjut dia, menganggap kesenian terutama lagu adalah media yang sangat efektif sebagai penyampai pesan, ide, inspirasi, nilai-nila, pesan moral, serta membangun atmosfer budaya masyarakat.

"Untuk itu sangat penting menyebarluaskan lagu-lagu dengan pesan tematik yang positif kepada masyarakat Banyuwangi, apalagi dengan menggandeng muzizi jazz dunia seperti Rodrigo Parejo," ujarnya menambahkan.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016