Banyuwangi (Antara Jatim) - Prajurit Intai Amfibi (Taifib) Korps Marinir TNI AL bersama dengan pasukan khusus Amrika Serikat melakukan latihan bersama evakuasi medis udara dengan sandi "Balance Lantern Iron 16-2444" di Pusat Latihan Tempur Korps Marinir Lampon, Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu.

Komandan Satgas Latihan Letkol Marinir Rivelson Saragih menjelaskan dalam latihan tersebut melibatkan empat tim Taifib Korps Marinir dan satu unit Heli Bell 412 milik Skuadron 400 Wing Udara-1 Puspenerbal dengan pilot Kapten Laut (P) V. Oktomiawan dan Copilot Lettu Laut (P) Aris Heri.

Menurut dia, latihan evakuasi medis udara merupakan latihan yang menitikberatkan penanganan korban, mulai dari prosedur pertolongan pertama, melaksanakan koordinasi menggunakan radio dengan kru helikopter, membawa korban menuju ke helikopter dan menurunkan korban untuk dievakuasi ke ambulans.

Tujuan dilaksanakannya evakuasi medis udara, katanya, merupakan sarana untuk meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan prajurit Taifib Korps Marinir sebagai pasukan khusus TNI Angkatan Laut, baik darat, laut maupun udara.(*)

Pewarta: Masuki M. Astro

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016