Sidoarjo (Antara Jatim) - Peresmian gedung sekolah di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cemandi 406 Sidoarjo, Jawa Timur mengakhiri pelaksanaan latihan Cooperation Afloat Readiness and Training (Carat) 2016 oleh TNI Angkatan Laut dan juga U.S Navy.

Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan dirinya merasa sangat terbantu dan berterima kasih dengan adanya pembangunan ini.

"Kami mengucapkan terima kasih atas pembangunan sekolah ini karena bisa membantu siswa untuk belajar lebih baik lagi serta menorehkan prestasi," katanya di sela kegiatan peresmian gedung sekolah SDN Cemandi 406, Sabtu.

Ia mengemukakan, pihaknya mengaku senang dengan adanya pembangunan ini karena pendidikan merupakan salah satu urusan baik yang harus diutamakan.

"Ini membuktikan adanya kerja sama berlainan negara bisa bersatu untuk urusan yang baik, dan masalah pendidikan ini merupakan upaya pembelajaran untuk pencerahan dengan mendapatkan manfaat kerja sama dengan Amerika," katanya.

Ia mengatakan, saat ini Pemerintah Kabupaten Sidoarjo juga telah menyiapkan perbaikan sejumlah sekolah yang mengalami kerusakan di sejumlah tempat di Sidoarjo.

"Perbaikan sekolah sudah menjadi salah satu program kami, dan di tahun 2017 ini kami mengupayakan perbaikan sejumlah sekolah yang mengalami rusak berat," katanya.

Sementara itu, Konsul Jenderal AS Heather Viariava mengatakan diirnya sangat senang dengan adanya program kerja sama ini terutama yang dilakukan oleh Angkatan Laut dan US Navy.

"Kami sangat menghargai dedikasi, energi, dan semangat kerja sama tim yang ditunjukkan oleh para marinir dan pelaut kedua negara. Dan sangat senang melihat anak-anak dari sekolah ini mengeksplorasi dan menikmati ruangan baru mereka," katanya.

Sementara itu, pembangunan sekolah yang berlangsung sejak 20 Juli sampai dengan 3 September 2016 dikerjakan oleh satuan tugas Enginering Civic Action Program (Encap) antara US Navy dan Prajurit Marinir TNI AL yang diketuai oleh Komandan Unsur Tugas (UT) Kapten Marinir Putu Dwi Amir Syarifudin dan Komandan Satgas Renovasi Lettu Marinir Nasrudin, sedangkan US Navy dalam tugas ini dipimpin oleh Lieutenant Michele Fitzgereland

Dalam acara tersebut akan diserahkan kunci dari Dansatgas Carat 2016 Kolonel Laut (P) Ariyanto Condrowibowo dan US Navy kepada pihak sekolah, hal ini merupakan sebagai tanda peresmian dua kelas SDN Cemandi 406 yang telah selesai dibangun.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016