Bojonegoro (Antara Jatim) - Puluhan perajin gerabah di Desa Rendeng, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, memproduksi boneka gerabah "pokemon" untuk memenuhi permintaan pasar yang berkunjung untuk wisata edukasi lebih dari sebulan lalu.
    
Kepala Desa Rendeng, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro Muslih, di Bojonegoro, Selasa, menjelaskan, perajin gerabah di desanya itu langsung memproduksi boneka gerabah pokemon begitu permainan pokemon go merambah di kalangan masyarakat sekitar
    
Di desanya ada sekitar 40 perajin dari 150 perajin yang memproduksi gerabah dengan bentuk boneka pokemon.
    
"Para perajin gerabah yang memproduksi gerabah pokemon di desa kami itu dulunya juga perajin gerabah tradisional." kata dia menjelaskan.
    
Tapi para perajin itu, lanjut dia, beralih membuat gerabah modern dengan pertimbangan lebih menguntungkan sejak dua tahun lalu.
    
"Perajin gerabah tradisional tetap bertahan karena juga untuk memenuhi permintaan pasar," ucapnya.
    
Menurut dia, boneka gerabah pokemon di desanya itu sangat diminati anak-anak yang datang berwisata edukasi. Harga gerabah boneka pokemon untuk ukuran kecil Rp5.000, sedang Rp10.000 dan bear Rp15.000 per boneka.
    
"Pemasaran gerabah pokemon cukup di lokasi perajin, sebab sekarang desa kami berkembang menjadi kawasan wisata edukasi," paparnya.
    
Pengelolaan wisata edukasi di desanya, katanya, sudah ditangani para perajin sendiri melalui kelompok sadar wisata (pokdarwis).
    
Paket wisata edukasi di desanya itu mulai Rp10.000 per orang dengan paket memperoleh pelatihan mengecat boneka modern.
    
Paket lainnya Rp15.000 per orang memperoleh pelatihan mengecat gerabah boneka modern ditambah makanan kecil dan Rp25.000 per orang memperoleh pelatihan mengecat dan makan.
    
Mengenai pengunjung, lanjut dia, rata-rata sekitar 100 wisatawan domestik (wisdom) setiap libur akhir pekan dari lokal, Tuban dan Blora, Jawa Tengah.
    
"Pengunjungnya  didominasi para siswa Paud, TK, SD, SLTP," tandasnya.
    
Ia menyebutkan produksi gerabah di desanya tidak hanya gerabah tradisional, tapi juga gerabah modern mulai boneka pokemon, spongebop, patrick, bahkan juga memproduksi berbagai asesori untuk kunci.
    
"Harga gantungan kunci Rp10.000 per biji. Meskipun dari gerabah tidak pecah, sebab pemanasannya sampai 1.200 derajat celsius," ucapnya. (*)

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016