Surabaya, (Antara Jatim) - Koperasi Pegawai PT Pelabuhan Indonesia III Persero (Kopelindo) memberikan beasiswa dan bantuan pendidikan kepada 193 anak berprestrasi di lingkungan perusahaan dengan total dana yang dikeluarkan mencapai Rp544 juta. 

Direktur SDM dan Umum PT Pelindo III Toto Heli Yanto di Surabaya, Senin mengatakan total pemberian bantuan tersebut naik dibanding tahun 2015 yang hanya memberikan bantuan senilai Rp490 juta dengan total 161 anak.

Toto mengatakan untuk beasiswa diberika kepada anak-anak anggota Kopelindo III yang mendapatkan prestasi (peringkat 1-3) di kelasnya pada tahun ajaran 2015/2016. 

Sedangkan untuk bantuan pendidikan, kata Toto diberikan kepada 89 anak-anak binaan  anggota Kopelindo III yang merupakan anak yatim/piatu dari mantan anggota Kopelindo III, serta juga diberikan kepada anak tenaga kerja khusus seperti petugas kebersihan perusahaan, foto copy serta sopir, di lingkungan Pelabuhan Tanjung Perak.

"Direksi PT Pelindo III memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas inisiatif, upaya dan kerja keras para pegawai dan segenap pengurus, pengawas dan karyawan Kopelindo III, sehingga dapat memberikan penghargaan anak berprestasi," ucap Toto yang juga Pembina Kopelindo III.
  
Toto juga berpesan kepada penerima bantuan dan beasiswa agar bantuan itu dapat dijadikan motivasi untuk lebih meningkatkan prestasi dimasa mendatang serta benar-benar dimanfaatkan untuk menunjang kepentingan pendidikan.

Toto yang pernah meraih penghargaan sebagai Pembina Koperasi Terbaik di Indonesia tahun 2015 mengatakan, Kopelindo III merupakan koperasi yang berkiprah dalam bidang sosial dan ekonomi. 

"Sosial diwujudkan dengan pemberdayaan bidang pendidikan, seperti pemberian bantuan pendidikan dan beasiswa seperti saat ini, sedangkan ekonomi dalam bentuk penyelenggaraan kegiatan koperasi dengan baik," ucapnya.

Sementara itu, Ketua I Pengurus Kopelindo III Faruq Hidayat mengatakan Kopelindo3 telah secara rutin dan konsisten sejak tahun 2004 melaksanakan program penghargaan anak berprestasi, dan bantuan pendidikan kepada anak anggota yang kurang mampu.

"Perkembangan Kopelindo dari tahun ke tahun cukup menggembirakan, sehingga sebagai bentuk rasa syukur selalu dilakukan pemberian beasiswa dan penghargaan anak berprestasi sesuai dengan kriteria dan kategori yang telah ditetapkan. Itu juga bentuk komitmen Kopelindo3 terhadap dunia pendidikan," ucapnya.*

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016