Surabaya (Antara Jatim) - Musisi Fariz RM dan Glenn Fredly  yang tampil menutup hari pertama PP Properti Jazz Traffic Festival 2016 dengan "Beyond Space"  mampu menghipnotis dan  menghibur penonton pergelaran jazz tahunan dari Radio Suara Surabaya, di Kota Pahlawan, Sabtu malam.

Ribuan penonton larut dalam suasana nostalgia ketika Fariz RM melantunkan lagu Barcelona, Sakura dan Nada Kasih, begitu juga saat Glenn Fredly mengajak penonton ikut menyenandungkan lagu-lagu yang dibawakannya seperti You are My Everything.

Dua musisi jazz tersebut tampil di dua panggung yang berbeda, namun suasana penonton yang memadati depan panggung masing-masing tampak antusias mengikuti lantunan lagu demi lagu hingga tuntas. Bahkan, sesekali tepuk tangan dan sorak sorai menyertainya.
 
PP Properti Jazz Traffic Festival 2016 bertajuk Beyond Space pada hari pertama dari dua hari yang dijadwalkan, menampilkan sejumlah grup musik beraliran jazz dan ada beberapa non-jazz seperti Beat Project, Best Friend Project, Korek Jazz, F Jazz C, Trisouls, Lyla dan alsa Quartet.

Pada hari kedua, dijadwalkan musisi yang bakal tampil antara lain Ari Lasso, Dwiki Dharmawan Jazz Connection, Barry Likumahuwa, Andien, Tohpati, Sheryl Sheinafia, Dekat, Eva Celia, Monita Tahalea, The Overtunes, IndroHardjodikoro, Fusion Stuff, HiVi, Eastern State Quartet, Tiwi Shakuhachi dkk, Keroncong Liwet Java Kromatic, Vertical Band, ITS Jazz Band, Star Project Jazz, dan Jazz Community.

Lebih dari 200 musisi yang tergabung dalam 40 perform memeriahkan dua hari PP Properti JTF 2016. 

Jazz Traffic awalnya adalah sebuah program siaran di Radio Suara Surabaya yang mengudara sejak tahun 1983 yang di antaranya diasuh   sang virtuoso musik jazz internasional dari Surabaya, Bubi Chen.


Bubi Chen mengasuh siaran Jazz Traffic sejak tahun 1985 sampai wafat pada tahun 2012. Om Bubi, demikian sapaan akrab Bubi Chen, diberi slot siaran program Jazz Traffic "Bubi Chen Show" seminggu sekali. 

Sedangkan Suara Surabaya  merupakan satu-satunya radio di Indonesia yang mempelopori dan konsisten menyiarkan musik jazz sejak awal. Siaran Jazz Traffic mengudara di Suara Surabaya  setiap Senin sampai Kamis pukul 22.00 hingga 24.00 WIB.

Siaran Jazz Traffic kini tidak hanya memperdengarkan komposisi-komposisi jazz, tapi juga mengapresiasi musisi dan mengenalkan sub genre Jazz Tradisional hingga Free Jazz dan Acid Jazz.

Sementara itu, pergelaran Jazz Traffic Festival (JTF) digelar Suara Surabaya sejak tahun 2011, berturut-turut setiap tahun hingga 2016.  (*)

Pewarta: Slamet Hadi Purnomo

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016