Jember (Antara Jatim) - Presiden "Jember Fashion Carnival" (JFC) Dynand Fariz  mengatakan kegiatan "JFC Kids" memberikan edukasi kreativitas anak sejak dini karena mereka berusaha sendiri membuat kostum yang unik dan spektakuler sesuai dengan tema defile yang ditentukan.

Sekitar 400 anak-anak yang menggunakan busana kreatifitasnya sendiri berlenggak-lenggok di catwalk jalan raya dalam kegiatan JFC Kids yang digelar di alun-alun Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis sore.

"Anak-anak dengan bantuan orang tua atau temannya membuat kostumnya sendiri sesuai dengan tema defile yang ditentukan, sehingga mengasah kreativitas mereka untuk menciptakan karya busana yang spektakuler," tuturnya di Jember.

Menurut dia, tema JFC Kids sama dengan tema grand carnival yakni tema utama "Revival" atau kebangkitan Indonesia di berbagai bidang, dengan 10 tema defile yakni Garuda, Hortus, Technocyber, Woods, Paradisaea, Refugees, Ocean, Chandelier, Olympic dan Barong.

"Saya ucapkan terima kasih kepada anak-anak yang telah berpartisipasi menjadi peserta dalam parade karnaval kelas dunia, sehingga ke depan bisa menginspirasi anak-anak lain," katanya.

Sementara salah seorang peserta defile Garuda, Evi Sinta mengaku bangga bisa merancang kostumnya sendiri dengan bantuan saudara dan orang tuanya, sehingga mengasah kreativitasnya dan mengenal lebih jauh tentang garuda yang menjadi lambang negara.

"Sebelum membuat kostum garuda, saya banyak membaca tentang lambang Indonesia, sehingga menumbuhkan jiwa nasionalisme dan semakin bersemangat menggunakan kostum itu di JFC Kids," tuturnya.

Kostum siswa kelas VI sekolah dasar negeri itu juga menarik perhatian, sehingga puluhan fotografer berebut membidik gambar terbaik dari si garuda cantik tersebut dan kepolosannya saat berlenggak-lenggok di catwalk jalan raya.

Salah seorang ibu peserta JFC Kids, Rika mengaku senang anaknya bisa berpartisipasi dalam kegiatan JFC ke-15 dengan tema defile Olympic dengan nuansa dominasi warna biru dan putih.

"Ketika membuat kostum, kadang-kadang timbul ide dari anak saya untuk menambah eksesoris dalam busana yang dikenakan, sehingga hal ini mengedukasi anak saya untuk semakin kreatif membuat busana yang akan diperagakan sendiri dalam JFC Kids" katanya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016