Sidoarjo (Antara Jatim) - Sebanyak 1.822 orang Calon Haji (Calhaj) asal Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, mengikuti manasik haji  bersama yang diselenggarakan oleh  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo di gedung serbaguna komplek Gedung Olahraga (GOR) Sidoarjo.

Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan para calon haji tersebut nantinya dibagi menjadi empat kelompok terbang yang akan berangkat pada tanggal 20-21 Agustus 2016.

"Manasik haji adalah bekal kesiapan para Calhaj untuk dapat menunaikan ibadah hajinya dengan sempurna. Para Calhaj dapat mengetahui rukun dan wajib haji lewat bimbingan manasik haji," katanya, Rabu.

Ia mengemukakan, selain itu bukan hanya urusan haji saja yang didapat melalui manasik tetapi informasi tentang kondisi di lapangan seperti apa nantinya dapat diketahui para calon haji tersebut.

"Dengan demikian para Calhaj nantinya diharapkan benar-benar siap menjalankan rukun dan wajibnya haji," katanya.

Pihaknya juga merasa bangga dengan banyaknya jumlah masyarakat Sidoarjo untuk berhaji. Hal tersebut memperlihatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat Sidoarjo semakin meningkat. Selain itu juga memperlihatkan perekonomian masyarakat Sidoarjo semakin meningkat," katanya.

Dalam kesempatan tersebut ia menitipkan doa kepada para Calhaj bagi kemajuan pembangunan Kabupaten Sidoarjo dab menitipkan doa agar jabatannya mendampingi Bupati Sidoarjo Saiful Ilah sebagai pimpinan daerah membawa keberkahan, kemaslahatan dan selalu mendapat rahmat dan hidayah dari Allah SWT.

"Pemkab Sidoarjo akan menyediakan transportasi gratis kepada  para Calhaj Sidoarjo. Beberapa bus akan digunakan untuk mengantar mereka ke asrama haji Sukolilo Surabaya. Selain itu nantinya juga berikan bantuan seragam haji nasional kepada Calhaj Sidoarjo," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016