Surabaya, (Antara Jatim) - PT Semen Gresik, salah satu anak usaha PT Semen Indonesia, meluncurkan "business kit" atau kotak panduan bisnis bagi mitra penjualannya, sebagai strategi untuk meningkatkan kompetensi mitra penjualan.
     
"Business kit merupakan salah satu strategi Semen Gresik untuk ikut meningkatkan kompetensi mitra penjualan, sebab saat ini hubungan antara perusahaan dengan mitra penjualan tidak hanya sebatas transaksional, tapi juga memberdayakan mitra penjualan untuk sama-sama meraih kesuksesan," kata Direktur Komersial Semen Gresik, Mukhamad Saifudin, Senin.
      
Mukhamad, dalam keterangan tertulisnya di Surabaya mengatakan pemberian kotak panduan bisnis juga bertujuan membantu para mitra penjualan agar dapat memberdayakan diri lewat peningkatan kompetensi.
     
Sebab, kotak panduan bisnis ini berisi tiga buah buku panduan dan satu compact disk (CD) tentang manajerial, pemasaran dan motivasi bisnis yang ditulis tiga pelatih ternama, yakni Rhenald Kasali, Tung Desem Waringin dan Hermawan Kertajaya.
      
Mukhamad mengatakan pembagian kotak panduan bisnis secara gratis juga sebagai apresiasi perusahaan kepada pelanggan, sebab menjadi salah satu program untuk menjaga loyalitas seluruh mitra penjualan dan upaya memperkuat jaringan pemasaran. 
     
"Kami berharap program pemberian panduan bisnis ini dapat memacu dan meningkatkan kontribusi para pemilik toko yang merupakan mitra utama penjualan bagi perusahaan," katanya.
      
Mukhamad menyadari, banyaknya serbuan pesaing baru di pasar semen membuat Semen Gresik harus tetap bertahan, dan berdasarkan data perusahaan penjualan Semen Gresik di area DKI Jakarta periode Januari hingga Juni 2016 berhasil mencapai 243.140 ton dengan penguasaan pangsa pasar 10 persen. 
      
Sedangkan penjualan di wilayah Banten mencapai 298.679 ton dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 20,2 persen.
      
Sementara itu sebagai salah satu upaya mempererat hubungan dengan mitra penjualan, Semen Gresik sebelumnya juga telah menggelar "Business Gathering" 2016 bersama mitra di area DKI Jakarta yang meliputi kota Jakarta, Tangerang, Cilegon, Depok, dan Serang di "Indonesia Convention Exhibition" (ICE), BSD City, Tangerang, Minggu (17/7).
      
Acara itu menghadirkan tokoh inspiratif Indonesia, Tung Desem Waringin untuk memberikan sesi Business Inspiration. Selain itu juga menayangkan video inspirasi dari Hermawan Kertajaya dan Rhenald Kasali untuk menambah semangat dalam berbisnis.
      
Acara yang dihadiri 1.500 orang ini juga dimeriahkan penampilan artis ibu kota Afgan, dan perseroan juga memberikan hadiah senilai ratusan juta rupiah, mulai dari barang elektronik, gawai, dua sepeda motor, dan satu buah mobil bagi para mitra penjualan.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016