Sidoarjo (Antara Jatim) - Kepolisian Resor Sidoarjo Jawa Timur menyiagakan sebanyak 919 orang personel gabungan dari berbagai kesatuan untuk mengamankan pelaksanaan Lebaran 2016 dengan sandi  operasi pengamanan Hari Raya Idul Fitri tahun ini adalah Ramadniya Semeru 2016.

Kepala Kepolisian Resor Sidoarjo Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Anwar Nasir mengatakan personel tersebut dari berbagai kesatuan seperti dari Polres Sidoarjo, Kodim 0816 Sidoarjo, Satpol PP Sidoarjo, Denpom Sidoarjo, Binmas kesehatan serta PMK Sidoarjo dan Senkom Sidoarjo.

"Mereka bertugas untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat untuk merayakan hari raya lebaran," katanya saat Apel Gelar Pasukan di halaman Mapolres Sidoarjo, Kamis.

Ia mengemukakan, pihaknya akan siaga untuk mengantisipasi berbagai potensi kerawanan maupun gangguan Kemanan dan Ketertiban Masyarakat/Kamtibmas.

"Sebanyak 919 personel gabungan akan disebar di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Ada 531 personel dari Polres Sidoarjo yang akan mengamankan lebaran dari gangguan Kamtibmas. Ada 10 pos pengamaan dan 2 pos pelayanan yang disediakan," tuturnya.

Ia mengatakan, operasi ini dilaksanakan selama 16 hari mulai tanggal 30 Juni sampai dengan 15 Juli 2016 atau H-5 sampai dengan H+9 Idul Fitri.

"Pengamanan akan difokuskan di tempat peribadatan umat Muslim, lokasi Shalat Id serta jalur-jalur pergerakan orang dan barang serta tempat wisata. Terminal maupun stasiun kereta api dan bandara juga menjadi fokus pengamanannya," paparnya.

Ia juga mengungkapkan pemudik Sidoarjo yang menggunakan bus tahun 2015  lalu sebanyak 498.882 orang. Ratusan ribu pemudik asal Sidoarjo tersebut pulang kampung dengan menggunakan 13.359 bus.

"Sedangkan pemudik yang datang ke Sidoarjo tahun lalu sebanyak  414.420 dengan menggunakan 13.331 bus," katanya.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah yang hadir dalam kegiatan tersebut berharap perayaan Idul Fitri tahun ini berlangsung aman dan nyaman.

"Untuk mendukung semua itu, Pemkab Sidoarjo telah menyediakan angkutan mudik gratis dan berharap warga Sidoarjo dapat memanfaatkannya," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016