Surabaya, (Antara Jatim) - Pasar Induk Puspa Agro, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur yang berada dibawah manajemen PT Puspa Agro mendorong konsumsi ikan masyarakat setempat dengan menjual berbagai jenis aneka ikan dan produk olahan ikan dengan harga murah dalam pagelaran "Pasar Murah Ramadhan 2016" yang digelar tanggal 25-29 Juni 2016.

Dirut PT Puspa Agro Abdullah Muchibuddin di Surabaya, Senin mengatakan dalam pasar murah tersebut sama sekali tidak disediakan penjualan daging sapi, dan hanya disiapkan sebanyak 14,5 ton ikan tawar dan laut yang dijual dengan harga murah.

"Kami sengaja menggelar pasar murah tanpa adanya penjualan daging tahun ini, tujuannya untuk mendorong konsumsi ikan, dan terbukti saat dibuka pertama pada Sabtu (25/6), terjual sebanyak 5 ton ikan dalam satu hari," katanya.

Abdullah sangat yakin pola konsumsi masyarakat perlahan-lahan akan berubah, bila terus didorong dengan penyediaan ikan yang sangat banyak, sehingga tidak lagi ketergantungan pada daging yang harganya cukup tinggi. 

"Kami siapkan sebanyak 18 jenis ikan dalam pasar murah yang kami datangkan dari kelompok nelayan di wilayah Brondong Lamongan dan Muncar Banyuwangi, ditambah dari nelayan budi daya Trenggalek," katanya.

Terkait dengan harga, Abdullah menyebutkan beberapa harga ikan yang dijual antara lain Ikan lele Rp17 ribu/kg dari harga pasar Rp22 ribu/kg, Ikan Nila 27 ribu/kg, dari harga Rp31 ribu/kg, Kakap merah Rp40 ribu/kg dari Rp55 ribu/kg, Ikan Bawal Tawar dijua Rp21 ribu dari Rp24 ribu/kg, serta Cumi kupas Rp53 ribu/kg dari Rp58 ribu/kg.

Sementara itu, Komisaris PT Puspa Agro Erlangga Satriagung mengatakan program pasar murah 2016 merupakan bentuk kepedulian Puspa Agro kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan harga murah, sebab setiap tahun saat menjelang Lebaran masyarakat sering dipusingkan oleh melambungnya harga sejumlah barang kebutuhan pokok.

"Program ini  bertujuan membantu pemerintah dalam menstabilkan harga barang kebutuhan pokok, dan membantu masyarakat menjelang Lebaran yang biasanya direpotkan oleh melambungnya harga barang kebutuhan pokok saat ini," katanya.

Erlangga mengatakan pasar murah dengan fokus menjual ikan pada saat ini merupakan momentum yang bagus untuk mengalihkan konsumsi masyarakat ke ikan, karena harga daging yang terus melambung. 

"Karena itu, dalam pasar murah ini disediakan banyak jenis ikan dan harganya sangat murah, dan dengan pasar murah ini diharapkan masyarakat bisa terbantu karena bisa membeli barang kebutuhan pokok dengan harga murah, sekaligus perlahan-lahan mengalihkan konsumsi masyarakat ke ikan," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016