Pamekasan (Antara Jatim) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V wilayah Madura menargetkan perbaikan jalur mudik penghubung empat kabupaten di wilayah itu selesai sebelum H-7 Lebaran.

"Ada sekitar 90 kilometer jalan raya penghubungan empat kabupaten di Madura ini yang kita lakukan perbaikan," kata Kepala Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 27 Pelaksana Jalan Nasional wilayah Madura, Beni Birmansyah kepada Antara di Pamekasan, Rabu.

Ia menjelaskan, sistem perbaikan hanya berupa tambal sulam, yakni menutup jalan yang berlubang agar tidak menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Perbaikan jalan rusak itu, yang masuk jalan nasional, seperti jalur lintas selatan Pulau Madura, dari Kabupaten Sampang hingga Kalianget di Kabupaten Sumenep.

"Kalau Bangkalan dilakukan oleh PU Provinsi secara langsung, karena BPJ Pelaksana Jalan Nasional Wilayah V ini hanya membawai tiga kabupaten, yakni Kabupaten Sampang, Pamekasan dan Kabupaten Sumenep," katanya.

Jalan nasional penghubung empat kabupaten di Madura yang banyak rusak itu, mulai dari perbatasan Kabupaten Sampang dengan Bangkalan, lalu di kota Sampang, dan memasuki Kota Pamekasan, yakni di sepanjang Jalan Raya Tlanakan.

Sedangkan dari Kabupaten Pamekasan yang menuju arah Sumenep, jalan nasional yang rusak dan berlubang ialah mulai dari perbatasan Kabupaten Pamekasan dengan Sumenep, yakni di Desa Kaduara Timur, Kecamatan Pragaan, di sepanjang Jalan Raya Bluto hingga menuju Pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep.

"Intinya lubang-lubang di jalan raya yang sering dilalui kendaraan bermotor itu kita tutup, sehingga pemudik bisa lebih aman dari kecelakaan lalu lintas," kata Beni Birmansyah, menjelaskan. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016