Surabaya (Antara Jatim) - Forum yang tergabung dalam Gerakan Pondok Pesantren Pendukung Hadi Prasetyo (GP3HP) meminta Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai calon wakil gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

"Kami melihat Hadi Prasetyo sangat tepat untuk calon wakil gubernur mendatang," ujar Ketua GP3HP KH Asmui Lutfi ketika dikonfirmasi wartawan dari Surabaya, Selasa.

Ia mengaku bukannya tanpa alasan mendukung seorang birokrat untuk duduk di kursi pemerintahan karena Jatim dinilai butuh sosok yang kuat dalam bidang perekonomian.

Selain itu, pihaknya mengaku telah berkumpul dengan sejumlah kiai yang tergabung dalam gerakannya dan sepakat memberikan aspirasinya kepada Hadi Prasetyo.

"Kami juga telah melakukan shalat istigharah,  kemudian berkumpul dan muncul nama Hadi Prasetyo. Artinya, dukungan ini tidak asal-asalan karena melalui proses," ucapnya.

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Madra'iyah Bondowoso tersebut juga menegaskan telah mengirim surat ke Hadi Prasetyo untuk menyatakan dukungan pada April 2016, namun sampai saat ini belum ada jawaban.

"Rencananya minggu depan kami ke Surabaya untuk bertemu dengan beliau langsung menanyakan kesediaannya. Yang pasti, Pak Hadi dekat dengan kiai dan harapannya mampu membawa aspirasi ke depan," katanya.

GP3HP, kata dia, saat ini anggotanya terdiri dari ratusan pondok pesantren yang tersebar di sejumlah daerah di Jatim, seperti di Jember, Bondowoso, Situbondo, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep dan lainnya.

Sementara itu, Hadi Prasetyo ketika ditemui di kantor Gubernur Jatim di Surabaya, mengaku berterima kasih atas dukungan yang diberikan elemen masyarakat meski belum menyatakan kesediaan maju atau tidaknya.

"Terus terang saya kaget dengan adanya dukungan ini. Saya belum menjawab karena masih fokus dengan pekerjaan sebagai asisten gubernur," katanya sembari mengaku telah menerima langsung dukungan dari berbagai elemen, termasuk GP3HP.

Pejabat eselon II yang memasuki masa pensiun pada November 2016 tersebut menegaskan dirinya tak mencari dukungan menghadapi proses Pilkada kali ini, akan tetapi menciptakan dukungan. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016