Sampang (Antara Jatim) - Sebanyak 337 orang dari total 426 calon haji asal Kabupaten Sampang, Jawa Timur, telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIB) untuk musim haji 2016 ini.

Menurut Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sampang Holil, di Sampang, Kamis, batas akhir pelunasan BPIH sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan Kemenag RI hingga 10 Juni 2016.

"Jadi masih ada waktu bagi para calon haji yang berjumlah sebanyak 89 orang yang belum melunasi biaya perjalanan ibadah haji itu untuk melunasinya," katanya.

Ia menjelaskan, batas waktu 10 Juni itu merupakan tahap pertama, dan nantinya masih akan dibuba tahap kedua, yakni mulai 20 hingga 30 Juni 2016.

"Tapi kami berharap calhaj yang belum melunasi biaya perjalanan ibadah haji tersebut, tidak menunggu hingga batas kedua berakhir. Lebih cepat tentunya lebih baik," ucap Holil.

Jumlah calon haji asal Kabupaten Sampang yang menunaikan ibadah haji tahun ini, menurut dia lebih banyak dibanding jumlah calhaj yang menunaikan ibadah haji pada musim haji tahun lalu.

Sebab, pada musim haji tahun 2015, calhaj asal Kabupaten Sampang yang berangkat ke Tanah Suci Mekkah menunaikan ibadah haji sebanyak 345 orang.

Dengan demikian, ada peningkatan sebanyak 81 orang dibanding 2015.

Kasi Haji dan Umroh Kemenag Sampang Holil menjelaskan, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, para calhaj yang hendak menunaikan ibadah haji itu, juga akan menjalani pemeriksaan kesehatan di masing-masing puskesmas, serta akan disuntik vaksin miningitis.

Hal ini dimaksudkan agar calhaj tetap sehat selama menunaikan ibadah haji, dan tidak tertular berbagai jenis penyakit, karena di Mekkah, mereka berkumpul dengan umat Islam dari berbagai penjuru dunia.

"Kami sudah mensosialisasikan tentang hal ini kepada para calhaj melalui kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) masing-masing dimana calhaj mendaftar," katanya, menjelaskan. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016