Sidoarjo (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur terus mengembangkan sektor usaha kecil menengah (UKM) yang ada di kabupaten setempat untuk meningkatkan daya saing masyarakat setempat menghadapi pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Kabupaten Sidoarjo ini merupakan kabupaten pendamping Kota Surabaya yang memiliki peran pengaruh besar terhadap perekonomian warga masyarakat," katanya saat menyalurkan bantuan tenda dan gerobak pedagang kaki lima dari PT Jasa Marga kepada pedagang pasar di Perumahan Candra Mas, Sedati, Sabtu.

Ia mengemukakan, saat ini Kabupaten Sidoarjo terus membangun jalan pendamping atau "frontage road" mengingat di Kabupaten Sidoarjo ini memiliki fasilitas pendukung seperti Bandara Internasional Juanda dan juga Terminal Purabaya Surabaya.

"Pertumbuhan penduduk di Kabupaten Sidoarjo ini terus mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi yakni sekitar tujuh persen setiap tahunnya. Dari jumlah tersebut sekitar enam persen di antaranya berasal dari warga urbanisasi yang ingin bekerja di Sidoarjo," katanya.

Ia mengakui, saat ini angka kemiskinan di Kabupaten Sidoarjo juga terus mengalami penurunan dari tahun 2010 sebanyak 11,5 persen dan tahun 2014 mengalami penurunan sampai dengan 6,5 persen.

"Begitu juga dengan angka pengangguran dari sekitar 9,5 persen sekarang menjadi 4,5 persen," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian, Perdangan dan ESDM Kabupaten Sidoarjo Fenny Apridawati mengatakan, kondisi pasar yang ada perumahan Candra Mas ini awalnya memang kumuh dan kurang layak.

"Kemudian tahun 2016 ini kami tidak diperkenankan untuk memberikan dana hibah sehingga harus memutar cara untuk mencari bantuan kepada para pedagang. Salah satunya melalui program CSR dari PT Jasa Marga ini dengan bantuan sebanyak 30 tenda dan tiga unit gerobak PKL," katanya.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Perumahan Candra Mas Kolonel Mar Ludi Prastyono mengaku senang dan sangat mendukung dengan adanya bantuan yang diberikan ini.

"Kami berharap dengan adanya bantuan ini bisa memberikan dampak positif terutama peningkatan eknomi para pedagang yang biasa berjualan di sekitar perumahan ini," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016