Surabaya (Antara Jatim) - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof H Mohammad Nasir PhD Ak meninjau langsung ujian keterampilan desain di Jurusan Desain Produk Industri (Despro) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Rabu.

Menristekdikti yang sebelumnya juga melakukan peninjauan yang sama di kampus Universitas Negeri Surabaya (Unesa) itu melakukan bincang singkat terkait persiapan ujian keterampilan itu dengan pihak Despro.

Selanjutnya, Menristekdikti bergegas menuju salah satu ruang kelas untuk memantau langsung jalannya Ujian Keterampilan itu.

"Yang harus diperhatikan adalah model seleksi yang diberikan harus berkorelasi positif dengan bekal yang dibawa calon mahasiswa dari SMA. Hal ini akan terkait dengan prosedur pembuatan standarisasi," katanya.

Menurut Guru Besar di bidang Behavioral Accounting dan Management Accounting, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro (Undip) itu, standarisasi sangat penting untuk digunakan sebagai patokan dalam memberikan nilai.

"Jangan sampai mahasiswa yang unggul malah tidak lolos dikarenakan tingginya kualifikasi, sedangkan mahasiswa yang kurang layak justru diterima karena kualifikasi yang terlalu rendah," ujarnya.

Alumni Pondok Pesantren Mambaul Ilmi Asy-syar¿y itu berharap wujud standarisasi tersebut dapat dijadikan evaluasi untuk ujian serupa di masa mendatang.

Setelah memantau langsung jalannya Ujian Keterampilan pada salah satu kelas, ia melanjutkan untuk memantau jalannya Tes Wawancara.

Tahun ini, sebanyak 778 peserta yang mengikuti ujian keterampilan desain di kampus ITS dengan pilihan ke beberapa kampus PTN di Indonesia.

Hal itu merupakan tahun kedua ITS ditunjuk sebagai penyelenggara ujian keterampilan desain dari wilayah panlok Surabaya.

Dalam ujian keterampilan itu ada dua jenis ujian. Jika tahun lalu terdiri dari tes gambar dan tes potensi kreatif (TPK), maka tahun ini terdiri dari tes gambar dan tes wawancara (pengganti TPK).

Tes wawancara ini meliputi pengetahuan, wawasan pengalaman dan motivasi di bidang desain.

Khusus Despro ITS akan menerima sebanyak 100 mahasiswa baru dengan rincian sebanyak 40 persen dari jalur SNMPTN, 30 persen SBMPTN, dan 30 persen jalur UMDESAIN.

Pelaksanaan ujian keterampilan SBMPTN ini diselenggarakan pada hari kedua tes SBMPTN, yakni tanggal 1 Juni 2016, sedangkan ujian untuk jalur UMDESAIN rencananya dilaksanakan pada 19 Juli 2016. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016