Jember (Antara Jatim) - Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Surabaya Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah melepas tukik atau anak penyu hijau setelah meresmikan operasional Pos Angkatan Laut (Posal) Puger di Pantai Pancer, Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Kamis.

Peresmian Posal itu juga dihadiri oleh Bupati Jember Faida, forum komunikasi pimpinan daerah, Asrena Danlantamal V Kolonel Laut (S) Nanang Permadi, Asintel Danlantamal V Kolonel Laut (E) Bambang Suseno Indro P, Aspers Danlantamal V Kolonel Laut (KH) Drs. Agus Suharsono, dan Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Wahyu Endriawan.

"Peresmian Posal Puger ini sesuai Peraturan KSAL Nomor 1 Tahun 2016 tanggal 25 Januari 2016 tentang pembentukan Pos Pengamatan TNI AL kelas B Puger, dilanjutkan dengan telegram Pangarmatim Nomor 501/Arti/0316 tentang persemian Pos Pengamatan TNI AL kelas B Puger," kata Danlantamal V Surabaya Brigjen TNI (Mar) Rudy Hamzah di Jember.

Secara organisasi, lanjut dia, Posal Puger berada di bawah wilayah kerja Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi yang merupakan salah satu pangkalan dari delapan pangkalan di jajaran Lantamal V Surabaya, sehingga secara fungsi, Posal Puger merupakan kepanjangan tangan dan mata dari Lanal Banyuwangi.

"Keberadaan Posal merupakan implementasi dari tugas pokok peran dan fungsi sebagai elemen terkecil dalam strata gelar Pangkalan TNI AL, sehingga Posal mempunyai tugas pokok mengumpulkan informasi dan selanjutnya disampaikan ke satuan atas untuk dikaji dan dievaluasi sebagai data masukan untuk pengambilan keputusan, baik dalam tingkat taktis operasi dan strategis," tuturnya.

Keberadaan Posal itu merupakan ujung tombak dari Lanal dan pos tersebut mewakili keberadaan TNI AL di daerah yang akan mewarnai persepsi masyarakat kepada TNI AL, sehingga Posal harus mampu memainkan peranan kontribusi kepada masyarakat yang berarti harus benar-benar secara nyata memberikan manfaat bagi kepentingan masyarakat.

"Posal juga harus mampu mendukung dan memberikan kontribusi dalam pelaksanaan pembangunan di daerah dalam konteks pembinaan potensi nasional kekuatan maritim, teritorial masalah laut serta pembinaan lainnya. Posal juga harus melaksanakan tugas pokok dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab terhadap tupoksinya," ujarnya.

Peresmian Posal tersebut ditandai dengan pengukuhan Letnan Dua (E) Effendi sebagai Komandan Posal Puger yang pertama, lalu acara dilanjutkan dengan penandatanganan batu prasasti oleh Danlantamal V didampingi Bupati Jember dan Komandan Lanal Banyuwangi serta pengguntingan pita peresmian gedung Posal Puger.

Setelah meresmikan Posal, Danlantamal V Surabaya bersama sejumlah tamu undangan melepas ratusan tukik yang merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap pelestarian satwa langka yang dilindungi dan merupakan salah satu upaya membantu memperbesar peluang hidup penyu hijau di habitat alaminya.

"Kegiatan itu juga diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dan kecintaan warga masyarakat terhadap satwa yang harus dilestarikan," katanya menambahkan.

Sementara Bupati Jember Faida menyambut baik kehadiran Posal di Kabupaten Jember karena kehadiran pos itu pada saat dan waktu yang tepat sesuia dengan motto kepemimpinannya "Jember Baru, Jember Bersatu".

"Saya berharap kehadiran TNI AL melalui Posal Puger Ini tidak hanya memberi kontribusi keamanan bidang maritim, politik, sosial dan budaya saja, namun bisa berdampak pula pada sisi ekonomi dan kesejahteraan nelayan Puger," katanya.

Bupati Jember memberikan bantuan peralatan kantor dan alat komunikasi kepada Posal Puger, kemudian dalam kesempatan itu juga Danlantamal V memberikan kunci secara simbolis untuk renovasi rumah tidak layak huni tahun 2016 yang merupakan kerja sama Lantamal V dengan Pemprov Jatim yakni Kabupaten Jember mendapat 50 KK untuk program tersebut.

Setelah meresmikan Posal dan melakukan pelepasan tukik, Komandan Lantamal V, Bupati Jember dan undangan lainnya meninjau pelayanan KB Gratis dari Dinas Kesehatan Lantamal V dan layanan pembuatan kartu keluarga, kartu nelayan dan KTP gratis kepada masyarakat sekitar bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat. (*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016