Malang (Antara Jatim) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang melibatkan sebanyak 1.820 orang pengawas untuk mengawasi pelaksanaan ujian sekolah (US) di tingkat SD yang digelar mulai Senin (16/5) hingga Sabtu (21/5) mendatang.

Kepala Disdik Kota Malang, Jawa Timur Zubaidah di Malang, Senin mengatakan jumlah peserta US tahun ini mencapai 14.270 siswa yang tersebar di 195 SD Negeri, 75 SD swasta, 2 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri dan 48 MI swasta. "Karena banyaknya lembaga yang menyelenggarakan dan peserta US juga mencapai belasan ribu, kami melibatkan ribuan pengawas," kata Zubaidah.

Ia mengatakan pada hari pertama US (16/5) mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia. Selanjutnya, pada hari kedua hingga keenam, berturut-turut mata pelajaran Matematika, IPA, PKN (Pendidikan Kewarganegaraan), IPS, dan terakhir Bahasa Jawa.

Menurut dia, keenam mata pelajaran yang diujikan pada US tersebut dikemas dalam 140 boks. Soal US mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA dari Disdik Jatim. Sedangkan mata pelajaran PKn, IPS dan Bahasa Jawa dari Disdik Kota Malang.

"Kami berharap nilai US tahun ini lebih baik dari sebelumnya dan sesuai harapan. Namun, bukan hanya nilainya yang sesuai harapan, tetapi juga lancar dan tingkat kejujuran siswa semakin baik," ucapnya.

Naskah US didistribusikan di tiap-tiap kecamatan pada pagi hari (setelah subuh), sehingga pihak sekolah atau penyelenggara US tidak perlu mengambil ke Disdik. "Pada hari pertama ini, kepala sekolah juga mendapatkan pengarahan dari Disdik di masing-masing kecamatan, sehingga mereka datang lebih pagi," kata Keala Bidang Pendidikan Dasar Disdik Kota Malang Suyitno.

Sementara itu, rata-rata sekolah menyediakan sarapan dan snack untuk peserta US. Peserta datang ke sekolah lebih pagi untuk sarapan dan berdoa bersama sebelum memasuki kelas atau loaksi US masing-masing.

Sementara itu US di kabupaten malang diikuti oleh 39.890 siswa dari 1.478 sekolah. Rinciannya, kelompok SD diikuti oleh 1.164 sekolah, yang terdiri dari 1.109 sekolah negeri dan 55 SD swasta. Total murid untuk kelompok SD ini mencapai 31.795 siswa.
   
Sedangkan untuk MI ada 317 lembaga, yakni tiga MI negeri dan 314 dari MI swasta dengan jumlah siswa peserta US sebanyak 8.095 siswa.

Jumlah peserta US di Kabupaten Malang merupakan nomor dua terbanyak di Jawa Timur setelah Kota Surabaya. Kota Surabaya diikuti oleh 44.579 peserta.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016