Manila (Antara Jatim) - PT PAL Indonesia menyempurnakan interior kapal perang BRP Tarlac berkode lambung 601 selama lima hari perjalanan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju pelabuhan di Manila, Filipina.

"Ada waktu lima hari perjalanan yang kami manfaatkan untuk proses penyempurnaan interior," ujar General Manager Divisi Kapal Niaga PT PAL Indonesia Satriyo Bintoro di sela perjalanan menuju Manila, Jumat.

Sejumlah interior yang disempurnakan antara lain pemasangan televisi lengkap dengan pengeras suara, penyediaan alat-alat dapur dan makanan, penyempurnaan pipa instalasi air, serta beberapa lainnya.

"Kami juga menyempurnakan listrik-listrik yang belum tersambung dengan baik," ucap pria yang juga penanggung jawab selama proses pengiriman tersebut.

Menurut dia, penyempurnaan ini merupakan tahap akhir sebelum diserahterimakan ke Pemerintah Filipina yang batas waktunya pada Jumat, 13 Mei 2016, sebelum pukul 12 malam waktu setempat.

Selain itu, pengecekan-pengecekan di seluruh bagian dan ruangan juga telah dilakukan selama perjalanan sehingga dipastikan kondisi secara umum dan fisik selesai.

"Ini merupakan kerja semua tim dan kami bersyukur kapal bisa selesai sesuai waktu, yaitu dua tahun," ucapnya.
Sementara itu, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, seluruh kru yang ikut dalam rombongan perjalanan menggelar salat sunat dua rakaat sai Salat Jumat di atas deck kapal perang buatan anak bangsa tersebut.

Kapal BRP Tarlac 601 merupakan pengembangan dari jenis kapal "landing platform dock" yang didesain sepanjang 123 meter dengan lebar 21,8 meter pesanan Kementerian Pertahanan Filipina.

Kapal berkecepatan 16 knot ini mampu mengarungi laut selama 30 hari tanpa berhenti dan mengangkut 500 personel, lengkap dengan pendapatan helikopter beserta hanggarnya, dua kapal "landing craft utility", tank, panser serta pondasi senjata. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016