Trenggalek (Antara Jatim) - Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak berjanji untuk mengoptimalkan perannya sebagai Wakil Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) untuk mendorong kemajuan pembangunan di seluruh daerah di tanah air, terutama Trenggalek.
    
"Rekan-rekan mohon doa restu, semoga tanggung jawab tambahan saya sebagai Waketum Apkasi akan berdampak positif bagi Trenggalek," ucap Bupati Emil melalui grup percakapan jejaring sosial whatsapp lintasmedia dan tokoh masyarakat Trenggalek, Minggu.
    
 Emil juga menyatakan bakal berkoordinasi secara intensif dengan para ketua bidang, khususnya di sektor infrastruktur yang diketuai Bupati Hulu Sungai Tengah (Kalimantan Selatan), sektor kerjasama internasional yang diketuai Bupati Temanggung (Jawa Tengah) dan sektor  lingkungan hidup kehutanan yang diketuai Bupati Kubu Raya (Kalimantan Barat).
    
"Ketiga bidang ini strategis bagi Trenggalek sehingga mudah-mudahan memungkinkan lebih banyak peluang maju bagi Trenggalek," ujar suami artis Arumi Bachsin itu.
    
Sebagai waketum yang mengkoordinir ketiga bidang tersebut, Emil bertanggung jawab dalam merumuskan kebijakan strategis dan operasional organisasi.
    
Tupoksi atau tugas pokok dan fungsi selanjutnya menurut Emil adalah menyusun program kerja organisasi, membantu memimpin dan menggerakkan kegiatan organisasi serta mengkoordinir para ketua bidang Pengembangan infrastruktur, hubungan internasional dan lingkungan hidup.
    
"Saya sangat berharap forum Apkasi ini dan dapat digunakan sebagai pintu bagi Kabupaten Trenggalek memperkenalkan potensi daerah yang dimiliki sekaligus menarik investor baik di sektor pariwisata, pertambangan, pertanian, perkebunan maupun lainnya," kata Emil.
    
Emil juga berharap forum Apkasi bisa mendorong kesinergisan antara pemerintah Kabupaten Trenggalek dan masyarakat agar bisa saling beriringan menuju kemajuan daerah.
    
"Melalui Apkasi ini kami ingin memperjuangkan hak bukan dalam konteks sempit, tetapi hak Pemerintah Kabupaten Trenggalek dalam melayani masyarakatnya dengan baik," ujarnya.
    
Bagian Humas Pemkab Trenggalek menjelaskan pengukuhan Bupati Emil Elestianto Dardak sebagai Waketum Apkasi dilakukan pada saat pameran Apkasi bertajuk International Trade and Investment Summit Series (AITIS) yang digelar di Jakarta Internasional Expo (JI-Expo) Kemayoran, Jakarta, Kamis (8/5).
    
Pengukuhan kepengurusan Apkasi periode 2015-2020 itu merupakan hasil Musyawarah Nasional IV Apkasi Tahun 2015.
    
Dalam kesempatan tersebut, Emil Elestianto Dardak yang baru dilantik sebagai Bupati Trenggalek pada Februari 2016 tersebut ikut dikukuhan sebagai Wakil Ketua Umum Apkasi masa bakti periode 2015-2020 oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.(*)

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016