Surabaya (Antara Jatim) - TNI Angkatan Laut akan mengembangkan sistem pendidikan terintegrasi yang mengintegrasikan Akademi Angkatan Laut (AAL), Kobangdikal, Seskoal, dan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL).

"Pemimpin TNI AL akan mengembangkan sistem pendidikan yang terintegrasi, bermutu dan berbasis kompetensi, sehingga dapat dihasilkan postur prajurit TNI AL yang berkarakter maritim," kata Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakil KSAL) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Arie Henrycus Sembiring di Surabaya, Rabu.

Mewakili Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi, ia mengemukakan hal itu saat membuka Seminar Nasional TNI AL dalam rangka Hari Pendidikan TNI AL (Hardikal) ke-70 di Gedung Graha Samudera Bumimoro (GSB), Surabaya.

"Sesuai UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi menyebutkan bahwa pendidikan tinggi sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional memiliki peran strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa," katanya dalam seminar bertajuk "Pengembangan Sistem Pendidikan TNI AL yang Terintegrasi Guna Membentuk Prajurit yang Berkarakter" itu.

Dalam seminar yang digelar oleh Kobangdikal, AAL, Seskoal, STTAL, dan dihadiri sekitar 300-an peserta itu, pembicara seminar Dr Arie Budiman yang mewakili Mendikbud menyampaikan tentang pengembangan model upaya pendidikan berbasis karakter bagi prajurit TNI AL.

Selanjutnya, Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Prof Dr Djaali MPd menyoroti pengembangan sistem pendidikan TNI AL yang terintegrasi, sedangkan Wakil BAN PT Prof Dr Bambang Wiratmadi menyampaikan standarisasi penjaminan mutu dalam sistem pendidikan TNI AL melalui pembentukan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM).

Menurut panitia pelaksana, seminar nasional ini dilaksanakan untuk memberikan masukan kepada pimpinan TNI Angkatan Laut guna mengembangkan sistem pendidikan yang terintegrasi, bermutu dan berbasis kompetensi.

Setelah pelaksanaan seminar ini, panitia juga menyelenggarakan workshop untuk mengupas hasil dari seminar tersebut, yang dilakukan oleh para perwakilan dari masing-masing Kotama Lembaga Pendidikan TNI Angkatan Laut. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016