Madiun (Antara Jatim) - 
Sebanyak 1.100 siswa taman kanak-kanak (TK) di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dengan melakukan senam Dongkrek massal di lapangan Gedung Olahraga Pangeran Timur, Senin.

Senam Dongkrek merupakan senam massal hasil kreasi dari para pengajar yang tergabung dalam Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Madiun.

Ketua IGTKI Kabupaten Madiun Sri Pursetyowati, Senin, mengatakan selain melibatkan 1.100 siswa TK, senam Dongkrek tersebut juga didampingi oleh sekitar 110 guru.

"Kegiatan ini memiliki dua tujuan, yakni dalam rangka memperingati Hardiknas dan mengenalkan senam Dongkrek sebagai kesenian khas Kabupaten Madiun kepada anak-anak," ujar Sri Pursetyowati kepada wartawan.

Dengan berbaris rapi, ribuan siswa TK tersebut melakukan gerakan senam dengan diiringi musik Dongkrek yang selama ini dikenal sebagai tarian dan kesenian asli Kabupaten Madiun.

Mereka terlihat ceria, lucu, dan bergembira. Sontak GOR Pangeran Timur yang berada di Mejayan, Kabupaten Madiun, menjadi ramai.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun Suhardi, mengatakan memperingati hari nasional dan belajar kesenian asli daerah merupakan salah satu pendidikan karakter yang penting diberikan kepada anak didik sejak usia dini.

"Untuk itu, siswa harus disiapkan dari awal, bahkan dari sejak TK, mengenai kemampuan wawasan berbangsa dan berkarakter agar dapat bersaing di era ekonomi ASEAN yang terbuka," kata Suhardi.

Karena itu, pihaknya sangat mendukung kegiatan senam Dongkrek massal sebagai peringatan Hardiknas. Hal tersebut juga mencerminkan cita-cita Ki Hajar Dewantoro sebagai pahlawan nasional di bidang pendidikan, yang bangga akan kebudayaan dan karakter bangsa guna menghadapi era global.

Sementara itu, Bupati Madiun Muhtarom berkenan menjadi inspektur upacara dalam upacara bendera memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016 di GOR setempat.

Upacara tersebut diikuti oleh jajaran pejabat pemda setempat dan ditutup dengan kegiatan pameran hasil kerajinan siswa SMA dan SMK se-Kabupaten Madiun. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016