Sidoarjo, (Antara Jatim) - Puluhan anak buruh yang ada di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur mengikuti khitanan massal yang diselenggarakan oleh Kepolisian Resor Kabupaten Sidoarjo dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau "May Day".

Kepala Kepolisian Resor Sidoarjo, Ajun Komisaris Besar Polisi Anwar Nasir, Jumat, mengatakan pada peringatan hari buruh ini terdapat sebanyak 32 orang anak buruh ini dikhitankan secara massal.

"Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas kami Kepolisian Resor Kabupaten Sidoarjo untuk membantu anak-anak buruh yang ada di kabupaten setempat," katanya di sela kegiatan khitanan massal di Polres Sidoarjo.

Ia mengemukakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tindak lanjut dari instruksi yang dikeluarkan oleh Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Irjen Pol Anton Setiadji untuk melaksanaan khitanan massal kepada anak-anak buruh.

"Kami menindaklanjuti pertemuan antara kepolisian dengan buruh beberapa waktu yang lalu di gedangan untuk melaksanakan khitanan massal ini," katanya.

Ia mengatakan, dalam khitanan massal tersebut pihaknya juga memberikan bantuan berupa pemberian baju koko, songkok, dan juga uang saku yang diberikan kepada peserta khitan.

"Kami berharap dengan adanya pemberian bantuan tersebut akan memberikan semangat kepada para peserta khitan massal untuk lebih bersemangat lagi," katanya.

Sementara itu, terkait dengan pelaksanaan kegiatan hari buruh ini pihaknya Polres Sidoarjo akan mengerahkan 500 personil untuk pengamanan.

"Kami sudah melakukan cek semua perlengkapan kendaran taktis dan cek personil untuk pengamanan dalam rangka 'may day' tentunya untuk kegiatan pengamanan buruh yang akan merayakan 'may day' di wilayah hukum Sidoarjo," katanya.

Sebelumnya pihaknya juga sudah melakukan pendekatan terhadap teman-teman buruh Sidoarjo dengan cara diskusi dan menampung aspirasi teman-teman buruh. Dan, aspirasi mereka sudah kami sampaikan kepada para pemangku kepentingan seperti Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dan Dinsosnaker Sidoarjo.

"Kami siap untuk mengamankan 'may day' dengan cara melakukan pengawalan, dan kami juga sudah kordinasi dengan polres Pasuruan, Polres Mojokerto apabila ada teman-teman buruh yang akan melewati kota Sidoarjo dengan tujuan ke Surabaya," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016