Kediri (Antara Jatim) - Industri tenun ikat di Kelurahan Bandar Kidul, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur, menjadi kampung digital, yang diharapkan bisa menjadi pendorong bagi UMKM lainnya agar memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan usaha.

Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah mengemukakan pemanfaatan informasi dan teknologi, terutama dalam pemasaran produk saat ini sangat penting. Terlebih lagi, saat ini sudah memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN  (MEA).

"Dengan pemasaran secara 'online', produk UMKM di Kota Kediri tidak kalah dengan produk luar negeri," katanya ditemui dalam peluncuran kampung UKM digital di Kelurahan Bandar Kidul, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Kamis.
     
Ia mengatakan ke depan akan berencana menerapkan standarisasi produk tenun ikat di Kota Kediri pada para perajin. Dengan itu, semua kualitas produk diharapkan bisa menjadi lebih standar. 
     
Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan BI Kediri Gatot Kurniawan mengatakan kebutuhan akan IT saat ini menjadi sangat penting, terutama untuk pemasaran. Dulu, ketika ingin ekspor barang, modal yang dikeluarkan sangat besar, namun dengan adanya bantuan IT, biaya yang dikeluarkan lebih terjangkau. 
     
"Di masa sekarang ini, diperlukan sekali terutama di sisi pemasaran. Dengan IT bisa menjangkau ke luar negeri," katanya.
     
Ia juga mengatakan, untuk ekspor biasanya lebih disukai yang model etnik, sebab harga jualnya bisa lebih mahal. Dengan bisa menembus pasar ekspor, beragam produksi Indonesia akan bisa dinikmati di luar negeri.
     
Ia juga manambahkan, BI selalu mendukung berbagai upaya pengembangan industri. BI terus melakukan pendampingan pada pengembangan usaha misalnya dengan memberikan informasi adanya pameran termasuk mendukung dengan membeli produk para perajin.
     
"Dengan ekspor, bisa mempromosikan tenun ikat. Kami juga akan terus mendukung para perajin," kata Gatot. 
     
Kegiatan kampung digital ini merupakan kerjasama dengan PT Telkom, dengan didukung dari BI serta dari Pemkot Kediri. Dalam bentuknya, terdapat bantuan untuk memberikan kemudahan berupa akses dari produk PT Telkom. Di Kelurahan Bandar Kidul tersebut, banyak perajin tenun ikat dan selama ini merupakan sentra. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016